Akses Permodalan dan CSR, Gubernur Sumbar Gagas Solusi untuk Sektor Pertanian

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, dengan tegas mendorong Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) untuk terlibat aktif dalam mendukung pengembangan ekonomi masyarakat Sumbar.

Dalam pandangannya, Mahyeldi menekankan pentingnya memfasilitasi akses permodalan dan alokasi dana Corporate Social Responsibility (CSR) guna mendukung inisiatif lokal.

“Pemerintah tidak dapat berjalan sendiri dalam meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, dukungan dari berbagai pihak, termasuk Perbanas, sangat diharapkan melalui kemudahan akses permodalan dan CSR bagi masyarakat,” ungkap Gubernur Mahyeldi.

Bacaan Lainnya

Pernyataan tersebut disampaikan saat beliau membuka kegiatan PERBANAS Bankers Forum di Hotel Santika, Padang, pada Jumat, 15 Desember 2023.

Mahyeldi mencermati bahwa sektor pertanian dan perkebunan menjadi kekuatan ekonomi utama masyarakat Sumbar, dengan komoditi utama seperti padi, jagung, dan gambir.

Namun, keterbatasan akses modal dan sumber daya manusia memperlambat pertumbuhan sektor ini. Pemprov Sumbar berupaya mencari solusi untuk permasalahan ini melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Perbanas.

Gubernur Mahyeldi juga mengakui bahwa pembuatan kebijakan seringkali terkendala oleh anggaran yang terbatas. Namun, dengan dukungan dari banyak pihak, ia yakin kendala tersebut dapat diminimalisir.

“Semoga forum ini dapat menjadi solusi bagi Pemprov Sumbar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat ke depan,” harapnya.

Ketua Perbanas Sumbar, Faritzs Adam, mengakui bahwa dunia perbankan menghadapi berbagai tantangan, termasuk kondisi perekonomian, geopolitik, dan digitalisasi.

Namun, ia yakin bahwa melalui kerja keras dan sinergi antara pemerintah dan perbankan, banyak persoalan dapat diatasi.

Faritzs Adam menyebut bahwa kegiatan pertemuan ini dirancang sebagai wadah pengembangan kapasitas dan wawasan insan perbankan di Sumatera Barat untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Acara ini dihadiri oleh beberapa tokoh, antara lain Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Sumbar, Ria Wijayanti; Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumbar, Endang Kurnia Saputra; Kepala Otoritas Jasa Keuangan Sumbar, Guntar Kumala; Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumbar, Dandy Indarto Seno; Wakil Ketua Pengurus Perbanas Sumbar, Robert Siahaan, serta Sekretaris Perbanas Sumbar, dan peserta lainnya.

(adpsb/cen)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait