Rahasia Tersembunyi di Atas Danau Singkarak, Eksplorasi Danau Berusia Ratusan Tahun di Bukit Ubun-ubun

Rahasia Tersembunyi di Atas Danau Singkarak, Eksplorasi Danau Berusia Ratusan Tahun di Bukit Ubun-ubun. (Foto : Dok. Istimewa)
Rahasia Tersembunyi di Atas Danau Singkarak, Eksplorasi Danau Berusia Ratusan Tahun di Bukit Ubun-ubun. (Foto : Dok. Istimewa)

Sorotan Pemerintah dan Potensi Wisata

Dengan diadakannya berbagai kegiatan di sekitar Danau Tuo, mulai dari upacara peringatan hingga kegiatan wisata, diharapkan tempat ini akan semakin dikenal.

Pemandangan memesona, keaslian alam, dan perhatian pemerintah semakin menandai Danau Tuo sebagai destinasi istimewa di Kabupaten Solok.

Danau ini terletak di bagian utara Bumi Markisah dan secara kasat mata tidak lebih dari 4 kali lapangan sepak bola.

Bacaan Lainnya

Dibanding Danau Singkarak, Danau Tuo tidak beriak, airnya tenang—setenang masyarakat Koto Sani yang menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian.

Meski akses untuk mencapainya memerlukan perjalanan, kepuasan yang dirasakan setibanya di tepi danau seolah menjadi ganjaran atas usaha tersebut.

Konsep Pengembangan Danau Tuo

Belakangan, setelah ratusan tahun, Danau Tuo akhirnya mendapat perhatian Pemerintah Kabupaten Solok.

Bahkan di beberapa kesempatan, Bupati Solok menyebutkan keberadaan Danau Tuo, terlebih saat membuka festival 4 Danau menyambut hari jadi Kabupaten Solok.

Selama ini yang familiar di telinga masyarakat hanya Danau Singkarak, Danau Kembar (Danau diatas dan danau dibawah) serta Danau Talang.

Pos terkait