Kota Padang Panjang Raih Anugerah Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2023

TOPSUMBAR – Kota Padang Panjang kembali menorehkan prestasi mengesankan di tingkat nasional.

Kali ini, melalui perusaan daerah air minum (Perumdam) Tirta Serambi Kota Padang Panjang dengan gagasan inovasi aplikasi Smart Water Management System (SWMS) meraih anugerah Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2023 kategori Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji.

Bacaan Lainnya

Penyerahan penghargaan anugerah KIPP 2023 yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) itu, berlangsung di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa 21 November 2023.

“SWMS berhasil menembus Top 45 sebagai Inovasi Pelayanan Publik Terbaik Nasional 2023,” tulis siaran pers Diskominfo Padang Panjang, dikutip Topsumbar.co.id.

Disebutkan, penetapan Top Inovasi ini tertuang dalam Keputusan Menpan RB No. 289/2022 tentang Top Inovasi Pelayanan Publik KIPP di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMD, dan BUMD Tahun 2023.

Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si usai menerima penghargaan tersebut mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Perumdam Tirta Serambi yang telah berhasil meraih Anugerah KIPP dan mengangkat nama Padang Panjang di tingkat nasional.

“Alhamdulillah hari ini kita mendapatkan penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji 2023. Kita sangat mengapresiasi inovasi yang salah satu fungsinya memberikan dan meningkatkan pelayanan untuk masyarakat,” ujarnya.

Sonny menyebutkan, penghargaan ini akan menambah motivasi Pemerintah Kota untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Kita berharap nantinya OPD lain juga dapat memberikan kontribusi yang positif, guna bersama-sama mewujudkan dan meningkatkan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” ujarnya.

Direktur Perumdam Tirta Serambi, Adrial A. Bakar, S.T menambahkan, semoga tujuan dari aplikasi SWMS ini untuk meningkatkan pelayanan air minum yang efektif dan efisien dapat terwujud. Sehingga masyarakat dapat menikmati layanan air minum yang baik dengan harga yang terkendali.

“Kita ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan Pemerintah Kota yang telah mendukung aplikasi yang berguna untuk meningkatkan inovasi pelayanan kepada masyarakat ini,” ucapnya.

Menpan RB, Abdullah Azwar Anas dalam arahannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang sudah berinovasi dan menerima penghargaan terpuji.

“Kita berharap kepada Pemerintah Daerah lain untuk terus berinovasi agar pelayanan umum semakin cepat dan efisien,” harapnya.

Adapun Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji tersebut terdiri dari Top 45 Inovasi dari kelompok umum dan 5 pemenang Outstanding Achievement of Public Service Innovation dari kelompok khusus.

Aplikasi SWMS sendiri diluncurkan PDAM (kini Perumdam Tirta Serambi, red) pada Selasa 1 Desember 2020 oleh Walikota Padang Panjang saat itu, Fadly Amran.

BACA JUGA : Pertama di Sumbar, PDAM Padang Panjang Launching Aplikasi Smart Water Management System

Peluncuran aplikasi SWMS yang juga merupakan langkah transformasi PDAM menuju ‘Smart Water Company‘ itu, bertepatan dengan puncak peringatan hari jadi Kota Padang Panjang ke-230 tahun.

Diluncurkannya saat itu aplikasi SWMS menjadikan PDAM Padang Panjang merupakan satu-satunya di Sumbar yang telah menggunakan aplikasi SWMS secara total pada setiap jaringan pengelolaan air bersih di Kota Serambi Mekkah itu.

SWMS merupakan suatu sistem pengelolaan air yang cerdas atau smart dan moderen, menggunakan teknologi informasi berbasis internet yang dapat menampilkan data-data lapangan secara real time.

SWMS dibangun berbasis teknologi automasi terbaru yaitu Internet of Things (IoT). Berbagai sensor dipasang sesuai kebutuhan seperti sensor tekanan, suhu, kekeruhan, getaran dan lain sebagainya di sumber air, pompa, jaringan pipa transmisi, pipa distribusi, bahkan di meter air pelanggan.

Sensor tersebut akan mengirimkan data secara periodik ke server pada command room di Kantor Perumdam Tirta Serambi Kota Padang Panjang.

(AL)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait