Gubernur Sumbar Buka Rakornas Perencanaan 2023 Geopark Indonesia

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat secara resmi membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Perencanaan 2023 Geopark Indonesia pada Senin 20 November 2023 di Muaro Sijunjung.

“Sumbar telah memiliki tiga geopark nasional, yaitu Geopark Silokek, Geopark Sawahlunto serta Geopark Sianok Maninjau,” ujar gubernur dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Bappeda Sumbar Medi Iswandi, ST, MM.

“Geopark Silokek telah diajukan sebagai Unesco Global Geopark (UGGp), namun ada beberapa hal yang masih perlu penyempurnaan,” lanjut Kepala Bappeda Sumbar.

Bacaan Lainnya

Sementara, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si Sutan Gumilang dalam kesempatan itu menyambut hangat kehadiran ratusan peserta, tamu dan undangan.

“Arah kebijakan pembangunan Kabupaten Sijunjung tahun 2022-2026 temanya yaitu Integrasi Geopark Ranah Minang Silokek secara Lintas Sektoral dan Wilayah dalam mewujudkan Masyarakat yang Sejahtera dan Berkeadilan,” ujar Benny memaparkan.

Rakornas hari ini, diisi dengan arahan Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumberdaya Alam (Bappenas), materi oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah (Kemdagri), kemudian materi Deputi Bidang Pengawasan Keuangan (BPKP).

Selanjutnya materi oleh Badan Pengelola Geopark Merangin, FGD dan konsultasi publik draf Juknis Rencana Induk Pengembangan (RIP) geopark.

Diluar arena Rakornas, juga terlihat puluhan UMKM yang menawarkan aneka produk khas daerah kepada para pengunjung.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait