Makan Siang Hangat, Pertemuan Jokowi dengan Calon Presiden 2024

TOPSUMBAR – Presiden Joko Widodo bersantap siang bersama tiga calon presiden yang akan berpartisipasi pada pemilihan presiden 2024, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Pertemuan ini terjadi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 30 Oktober 2023.

Atmosfir hangat dan akrab terlihat dalam pertemuan ini. Sebelum bertemu Presiden Jokowi, ketiga calon presiden terlihat berbincang di ruang tunggu tamu Istana Merdeka, mengenakan seragam batik lengan panjang.

Tak lama kemudian, mereka bersalaman dengan Presiden Jokowi dan kemudian diundang untuk menuju ruang makan. Mereka duduk melingkar di hadapan meja makan bundar dengan berbagai menu lezat yang telah tersaji.

Bacaan Lainnya

Menu yang disajikan termasuk nasi putih, soto lamongan, ayam kodok, sapi lada hitam, dan bebek panggang. Tampak juga cumi goreng, udang goreng telur asin, kailan cah sapi, serta minuman es laksamana mengamuk dan jus jeruk.

Di tengah obrolan akrab, makan siang Presiden Jokowi bersama tiga calon presiden berlangsung dengan penuh kehangatan.

Setelah santap siang, Prabowo Subianto mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas undangan tersebut.

Prabowo menyampaikan bahwa tadi ke-tiga capres diundang makan oleh Bapak Presiden dan makanannya sangat lezat. Ada soto, lontong, cumi-cumi, sayur, sangat enak.

Mereka berterima kasih karena jika tidak diundang, meraka mungkin akan jarang memiliki kesempatan untuk berkumpul seperti ini.

Sementara itu, Anies Baswedan menyampaikan harapan rakyat agar para aparat mempertahankan netralitas mereka dalam perhelatan pilpres mendatang.

Menurut Anies, Presiden Jokowi juga menekankan kepada para kepala daerah hingga TNI-Polri mengenai pentingnya netralitas.

Anis juga menjelaskan bahwa tadi beliau mengumpulkan penjabat gubernur, bupati, bahkan akan mengumpulkan TNI, polisi, dan semua aparat untuk netral dan kami melihat itu adalah pesan penting yang bisa membuat pilpres kita besok berjalan dengan aman, damai, karena seluruh unsur penyelenggara menunjukkan sikap yang netral, yang profesional. Jadi itu salah satu yang kami sampaikan kepada beliau dan beliau merespons positif, baik, sehingga diskusi kita juga tadi lancar.

Ganjar Pranowo menyatakan bahwa Presiden Jokowi akan mendukung sistem demokrasi yang baik. Ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga agar pemilu dapat berjalan dengan baik, damai, dan adil.

“Beliau adalah orang yang baik, insyaallah juga akan mendukung sistem demokrasi yang baik, dan mudah-mudahan tadi apa yang disampaikan oleh beliau juga insyaallah akan bisa dilaksanakan. Tugas kita adalah menjaga bersama-sama agar pemilu ini berjalan dengan damai, para aparaturnya betul-betul netral, semua bisa berjalan dengan fair, dan kita dapat saling menjaga,” ujar Ganjar.

(Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Pos terkait