Unik dan Enaknya Kue Tradisional Legendaris yang Terkenal di Sumatera Barat

9. Lopis Ketan

Lopis ketan ini sering dihidangkan pada setiap pesta pernikahan atau acara menyambut tamu.

Selain itu, di beberapa daerah di pedesaan, lopis ketan masih dijual di warung kopi.

Bacaan Lainnya

Bahan-bahan yang digunakan untuk lopis ketan ini yakni beras ketan putih dan hitam, parutan kelapa, dan gula merah. Cara membuatnya pun masih secara tradisional.

10. Puluik Sarikayo

Jajanan satu ini, merupakan khas Minangkabau. Di Sumatera Barat puluik sarikayo ini memiliki perbedaan model atau bentuk sajiannya. Seperti yang ada di foto, merupakan puluik sarikayo khas dari Kota Padang.

Puluik atau beras ketan diapit sarikayo. Sarikayo ini merupakan gula merah yang dicairkan lalu diinginkan, sehingga berbentuk agar-agar. Soal rasanya, puluik sarikayo ini memiliki rasa yang khas, yakni ada rasa manis lembutnya ketan.

11. Galamai, dodol dari Ranah Minang

Galamai adalah dodol khas Ranah Minang yang terbuat dari bahan tepung beras ketan yang dicampur dengan gula merah dan santan. Hampir semua suku di Indonesia memiliki jenis makanan kecil ini.

Kue yang satu ini membutuhkan waktu berjam-jam untuk memasaknya jadi galamai biasanya dibuat dengan cara bergotong-royong karena memerlukan banyak tenaga untuk mengaduk adonan dalam jumlah besar dan waktu lama.

Tapi saat sudah matang, cita rasa manis dan legit yang terasa bikin kamu ingin nyemil terus.

Galamai menjadi kue wajib saat ada acara pernikahan di Sumatera Barat. Teksturnya yang kenyal dan mengkilat dan terasa lembut dilidah membikin kue ini sangat digemari, terlebih anak-anak.

Pos terkait