Unik dan Enaknya Kue Tradisional Legendaris yang Terkenal di Sumatera Barat

3. Puluik Manih

Puluik Manih merupakan jajanan favorit masyarakat Minang dengan cita rasa yang sangat unik. Puluik Manih atau Pulut Manis adalah kue Wajik khas Sumatera Barat.

Puluik Manih merupakan kuliner khas indonesia yang juga memiliki beberapa sebutan yang berbeda-beda di setiap daerahnya.

Bacaan Lainnya

Puluik manih ini berbahan dasar utama beras ketan, sedangkan untuk bahan pendukungnya beragam.

Bahan dasarnya terbuat dari beras ketan. Sekilas bentuknya mirip ketupat yang merupakan makanan khas Jawa Tengah.

Rasanya yang dominan manis, cocok dijadikan teman camilan saat minum teh atau kopi. Berbahan dasar ketan, jajanan khas Sumatera Barat ini juga biasa dikenal dengan nama Pulut Manis di daerah asalnya.

4. Onde-onde

Jajanan onde-onde ini laris manis. Tak hanya di kalangan orang tua, di sekolah pun onde-onde menjadi jajanan paling digemari di kalangan pelajar.

Camilan ini bertahan karena manisnya gula merah yang meledak saat digigit, nikmat bagi para pemakan pangsit.

Onde-onde ini terbuat dari tepung ketan dengan campuran warna pandan. Serta adanya parutan kelapa dan gula merah. Onde-onde ini berukuran sangat kecil, dan satu onde-onde hanya bisa dimakan satu kali.

5. Kue Galang

Ternyata kue galang jenis ini tidak terdapat di seluruh wilayah Sumatera Barat. Namun hanya terdapat di Kabupaten Pesisir Selatan.

Jajanan ini paling disukai masyarakat Pesisir Selatan. Rasanya manis dan empuk seperti donat. Masyarakatnya pun ketagihan menikmati kue galang.

Kue ini diberi nama kue gelang yang karena bentuknya yang tipis seperti gelang. Bahan pembuatan kue galang ini adalah tepung ketan hitam dan ditaburi gula pasir. Di pasaran, harga kue galang ini hanya 5000 rupiah untuk tiga potong.

Pos terkait