Unik dan Enaknya Kue Tradisional Legendaris yang Terkenal di Sumatera Barat

6. Lapek Pisang

Lapek Pisang, jajanan ini terbuat dari olahan pisang dan tepung. Kemudian dibungkus dengan daun pisang, agar aroma daun pisang menggugah selera.

Lapek pisang dimasak dengan cara direbus. Selain lapek pisang, olahan lapek juga sering dibuat dari bahan jagung yang dikenal dengan nama lapek jagung.

Bacaan Lainnya

Harga setiap lapek pisang hanya berkisar Rp 1.000 hingga Rp 2000 tergantung besar kecilnya pisang.

Sedangkan untuk pembeliannya, pisang lapek bisa dibeli di pasar tradisional atau minimarket.

7. Lamang Tapai

Bagi suku Minang, Lamang Tapai atau Lemang Tape merupakan salah satu jajanan wajib saat acara buka puasa, Idul Fitri, dan kumpul-kumpul banyak orang di Sumatera Barat.

Sesuai dengan namanya, kue ini terdiri dari lamang dan tapai. Lamang adalah ketan yang diberi tambahan santan dan dipanggang di bambu muda, atau ketan yang dibungkus daun berisi kelapa parut dan dikukus.

Tapai yang dimaksud di sini adalah kuah yang dimakan dengan serai, potongan ketan yang dibuat dengan cara fermentasi. Lamang Tapai diolah menjadi 3 varian yaitu Lamang Tapai Asli, Lamang Tapai Pisang, dan Lamang Tapai bolu (Lamang Tapai dicampur kelapa parut dan gula merah).

Dari segi harga, jajanan ini hanya Rp 5.000 per porsi dan terdiri dari 2 potong lemang.

8. Kue Mangkuak Sayak

Kata “sayak” artinya dalam bahasa Minang batok kelapa atau tempurung.

Kue mangkuak sayak terlihat seperti telur mata sapi dengan warna yang berbeda pada bagian tengahnya.

Lapisan pertama kue mangkuak sayak terbuat dari campuran tepung beras, tepung terigu dan tapai singkong yang sudah dihaluskan. Nantinya, lapisan ini akan menghasilkan tekstur padat dan kenyal.

Sementara, lapisan kedua terbuat dari campuran tepung beras dan santan kelapa yang akan menghasilkan tekstur lembut serta lumer di mulut, mirip seperti bubur sumsum.

Pos terkait