Penghormatan Antar Daerah, Gubernur Sumbar Gelar Jamuan untuk Gubernur Riau Jelang Penganugerahan Gelar Adat

Penghormatan Antar Daerah, Gubernur Sumbar Gelar Jamuan untuk Gubernur Riau Jelang Penganugerahan Gelar Adat

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mempersembahkan jamuan makan malam untuk Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si dan rombongannya di Auditorium Gubernuran pada Sabtu malam, 16 September 2023. Acara tersebut merupakan bentuk penghormatan Gubernur Mahyeldi terhadap tamu kehormatannya dari Riau.

“Gubernur Riau bukan hanya sahabat, tetapi juga akan diberikan amanah dari Suku Chaniago Kabupaten Pesisir Selatan,” ungkap Gubernur Mahyeldi.

Pada Minggu, 17 September, Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, dan istrinya, Hj. Misnarni, akan menerima gelar adat Sangsako dari Suku Caniago Datuk Nan Sati di Kecamatan Batang Kapas. Gelar adat yang akan diberikan adalah Dt. Rajo Nan Sati Alam Batuah untuk Syamsuar dan Puti Intan Batuah untuk istrinya.

Bacaan Lainnya

Gubernur Mahyeldi memberikan ucapan selamat kepada keduanya. “Saya berharap seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan sesuai rencana,” tutur Mahyeldi. Menurutnya, penganugerahan gelar ini juga membawa tanggung jawab moral bagi Gubernur Riau, khususnya terhadap warga Kab. Pesisir Selatan.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Riau menyatakan rasa syukurnya. “Ini bukan hanya kehormatan dari warga Riau tetapi juga dari warga Sumbar. Kami berharap bisa menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” kata Syamsuar.

Syamsuar juga menyadari tanggung jawab besar yang akan diembannya. Ia berharap mendapat dukungan dari Suku Chaniago dan masyarakat Sumbar pada umumnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua LKAAM Sumbar, Fauzi Bahar, tokoh adat Sumbar, tokoh Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, serta Kepala OPD Provinsi Sumbar dan Kabupaten Pesisir Selatan.

(Fiyu)

Pos terkait