Pemkab Agam dan UIN Jakarta Tekan Nota Kesepahaman Pengembangan SDM

Pemkab Agam dan UIN Jakarta Tekan Nota Kesepahaman Pengembangan SDM
Pemkab Agam dan UIN Jakarta Tekan Nota Kesepahaman Pengembangan SDM

TOPSUMBAR – Kabupaten Agam semakin meneguhkan perannya sebagai daerah yang sangat memperhatikan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia. Hal ini terbukti dari peningkatan jumlah perguruan tinggi yang menjalin kerjasama dengan daerah yang banyak melahirkan pahlawan nasional.

Salah satu contohnya adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta yang telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Kerjasama untuk Peningkatan dan Pengembangan SDM di Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat.

Nota Kesepahaman ini ditandatangani oleh Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM, bersama Rektor UIN Jakarta, Prof. Dr. Asep Saepudin Jahar, pada tanggal 26 September 2023 di Jakarta. Acara penandatanganan juga dihadiri oleh Prof. Dr. Siti Nurul Azkiyah, PhD, Dekan Fakultas Ilmu Tadris dan Keguruan (FITK), serta Prof. Dr. Ratna Sari Dewi, Guru Besar Pendidikan Bahasa Inggris.

Bacaan Lainnya

Turut mendampingi dari Pemda Agam adalah Kadis Dikbud, Drs. Isra, MPd., Tenaga Ahli Bupati, Efri Yoni Baikoeni, MA, dan Kabag Tata Pemerintahan, Fauzi S, SSTP, MA.

Penandatanganan MoU ini dilakukan dalam rangka pembukaan Seminar Internasional “Inovasi Teknologi dan Pendidikan untuk Mewujudkan Sustainable Development Goals”. Selain dengan Pemda Agam, UIN Jakarta juga menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Universitas Sultan Azlan Syah (USAS) Malaysia.

Bupati Agam menyampaikan apresiasi tinggi kepada UIN Jakarta atas kolaborasi dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi bersama Pemkab Agam, khususnya dalam pengembangan SDM. Beliau berharap bahwa MoU ini akan segera diimplementasikan dalam kegiatan nyata, mengingat pengembangan SDM merupakan aspek vital yang perlu dikelola dengan baik untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik sesuai dengan harapan masyarakat.

Bagi Kabupaten Agam, pengembangan SDM adalah salah satu program andalan yang mendapat pengakuan dari berbagai pihak. Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM, dianugerahi gelar Tokoh Indonesia dalam Peningkatan SDM dan Pendidikan oleh Tempo Inti Media pada tanggal 29 Agustus 2023 di Jakarta.

Kabupaten Agam masuk dalam lima besar pemerintah daerah di Indonesia yang dinilai terbaik, bersama dengan Kabupaten Lombok Tengah, Kota Cilegon, Kota Surabaya, dan Kota Gorontalo.

Hingga saat ini, Pemkab Agam telah menjalin MoU dengan 15 perguruan tinggi di Indonesia, termasuk Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Trisakti, UIN Jakarta, Universitas Terbuka (UT), Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UM Sumatera Barat), dan lain sebagainya.

(MH)

Pos terkait