Legenda Tiga Danau di Kaki Gunung Talang, Sumatera Barat

Legenda Tiga Danau di Kaki Gunung Talang, Sumatera Barat. (Foto : Doc Topsumbar.co.id)
Legenda Tiga Danau di Kaki Gunung Talang, Sumatera Barat. (Foto : Doc Topsumbar.co.id)

TOPSUMBAR –  Di lereng yang megah dan hijau Gunung Talang di Sumatera Barat, tersembunyi tiga keajaiban alam yang mengundang decak kagum dan juga mengisahkan cerita-cerita lama yang berdentang dalam masyarakat setempat.

Tiga danau yang terhampar di ketinggian ini bukan hanya saksi bisu dari keindahan alam, tetapi juga menyimpan legenda-legenda yang kaya dan misteri yang telah melintasi generasi. Bergabunglah dalam perjalanan ini dan jelajahi Legenda Tiga Danau di Kaki Gunung Talang, Sumatera Barat yang akan membawa lebih dekat dengan keajaiban alam dan warisan budaya yang terkait erat dengan tempat-tempat ini.

Legenda Danau Talang

Danau Talang, terletak di kabupaten Solok, Sumatera Barat, memiliki legenda yang indah. Konon, Danau Talang adalah bekas mata air dari seorang putri yang sangat cantik bernama Bundo Kanduang.

Bacaan Lainnya

Ia disebut-sebut sebagai putri dari Surga, dan kecantikannya menarik perhatian Dewa Malin Kundang yang jatuh cinta padanya. Mereka menikah dan memiliki seorang putra yang dikenal sebagai Malin Kundang.

Ketika Malin Kundang menghina ibunya karena kemiskinan, Bundo Kanduang yang sakit hati mengutuknya menjadi batu. Malin Kundang berubah menjadi sebuah batu besar yang kini disebut sebagai Batu Malin Kundang di pesisir pantai Padang. Danau Talang, menurut legenda, adalah air mata Bundo Kanduang yang terus mengalir untuk anaknya yang terkutuk.

BACA JUGA : Malin Kundang si Anak Durhaka yang Abadi Menjadi Batu

Pos terkait