Sama-sama Dijepit, Kue Sapik dan Pisang Kapik Jajanan Tradisional Minangkabau 

Jajanan Pisang Kapik Khas Bukittinggi dan Kue Sapik (foto: Topsumbar.co.id)

TOPSUMBAR – Saat berkunjung ke Sumatera Barat, kamu bisa menemukan berbagai jajanan manis yang pastinya recommended untuk dicoba dan bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

Sumatera Barat menjadi salah satu provinsi dengan sekian banyak daerah di Indonesia yang juga memiliki banyak ragam jajanan tradisional. Mulai dari rasa manis, asin, asam, dan pedas.

Pastikan jika berkunjung ke Sumatera Barat untuk mencoba dulu jajanan khas Minangkabau dengan rasa yang berbeda-beda. Berbagai olahan jajanan yang sering dijumpai di setiap tempat wisata, misalnya saja di Bukittinggi, pengunjung bisa mencoba sensasi makan jajanan pisang kapik dan kue sapik.

Bacaan Lainnya

Sumatera Barat tidak hanya terkenal dengan Sanjai Bukittinggi, tapi di Bukittinggi juga banyak yang menyajikan jajanan kaki lima sensasi luar biasa. Seperti olahan pisang kapik dan kue sapik ini, proses pembuatannya sama-sama dijepit dengan menggunakan alat khusus.

Bagi wisatawan yang ingin tahu jajan tradisional Minangkabau pisang kapik dan kue sapik, yuk intip penjelesannya dibawah ini!

Pisang Kapik

Jajanan manis khas Sumatera Barat yang pertama yaitu ada pisang kapik. Makanan ini dibuat dari bahan dasar pisang yang dibakar hingga berwarna kecokelatan.

Memiliki nama yang cukup unik, kuliner khas Bukittinggi ini bisa menjadi solusi cemilan untuk rekan minum kopi ataupun teh.

Pisang Kapik merupakan kuliner berbahan utama pisang batu atau pisang gepok yang dipanggang di atas bara api hingga warna kecokelatan.

Selanjutnya pisang dikapik (dijepit) hingga gepeng, sehabis itu ditaburi parutan kelapa yang telah dicampur bersama dengan dengan gula aren.

Perpaduan cita rasa manis, gurih, sepet dan juga aroma bara api yang khas, sukses bikin kamu ketagihan untuk mencobanya berulang kali.

Di Pasar Atas Bukittinggi, pisang kapik ini bisa ditemui di depan Janjang Gudang, kawasan Jam Gadang Bukittinggi.

Harganya sekitar Rp5.000,-; atau di seberang Masjid Raya Bukittinggi, yang juga berseberangan dengan Janjang 40.

Sementara di Padang, biasanya di Jual di perempatan Jl. Ratulangi, tepatnya sebelum Toko Buku Sari Anggrek.

Jika tertarik mencicipi nikmatnya jajanan satu ini, kamu bisa berkunjung di Pasar Ateh Bukittinggi yang lokasinya tidak jauh dari ikon wisata Jam Gadang. Yuk, cobalah sensasi lezatnya pisang kapik saat berada di Bukittinggi!

Pos terkait