Mengukur Sumatera Barat di Mata Dunia, 5 Hal Ini Jadi Penentu?

5 Keunikan Sumatera Barat di Mata Dunia

TOPSUMBAR – Sumatera Barat adalah salah satu daerah yang memiliki banyak hal-hal istimewa baik secara Nasional maupun Internasional.

Bagaimana tidak, beberapa hal yang langka di dunia bahkan tersedia di Provinsi yang memiliki berbagai macam keunikan ini.

Melalui artikel ini, kita akan melihat keunikan Sumatera Barat di mata dunia yang tentunya sudah dibuktikan dengan berbagai penelitian.

Bacaan Lainnya

Bahkan, ada beberapa hal yang hanya ada di Sumatera Barat dan tidak terdapat di daerah lainnya di dunia, bahkan tidak bisa ditiru oleh daerah lainnya.

Berikut 5 keunikan Sumatera Barat di mata dunia yang tentunya sudah diteliti oleh para ahli pada masing-masing bidangnya.

1. Minangkabau Penganut Matrilineal Terbesar di Dunia

Pakaian Adat Minangkabau
Pakaian Adat Minangkabau

Masyarakat terbesar di Sumatera Barat adalah masyarakat Minangkabau yang menganut paham matrilineal atau menarik garis keturunan ibu.

Seperti diketahui, di dunia hanya ada 5 masyarakat yang menganut paham matrilineal dan salah satunya adalah masyarakat Minangkabau.

Beberapa masyarakat lainnya yang menganut paham matrilineal adalah masyarakat mosuo di Tiongkok, Bribri di Kostarika, Emoja di Kenya dan Navajo Amerika Serikat.

Pos terkait