Menarik! Inilah Lagu Daerah Sumatera Barat yang Sangat Populer

Inilah Lagu Daerah Sumatera Barat yang Sangat Populer. (Foto: Topsumbar.co.id)
Inilah Lagu Daerah Sumatera Barat yang Sangat Populer. (Foto: Topsumbar.co.id)

TOPSUMBAR – Tiap wilayah di Indonesia punya lagu daerahnya masing-masing. Salah satunya Sumatera Barat. Provinsi ini punya sejumlah lagu daerah yang memadai tenar di kalangan penduduk Pulau Sumatera dan Indonesia.

Indonesia merupakan negara yang punya kekayaan budaya. Keanekaragaman budaya yang tersedia mencangkup karya seni seperti tarian, cerita rakyat, busana tradisional, seni pertunjukan, sampai lagu daerah.

Sumatera Barat sebetulnya lebih dikenal melalui budaya Minangkabau yang tersedia di sana. Banyak seniman daerah Sumatera Barat yang menentukan untuk menekuni dunia musik.

Bacaan Lainnya

Sama seperti daerah lainnya, Sumatera Barat termasuk punya lagu daerahnya sendiri yang terlalu khas.

Lagu Daerah adalah kumpulan lagu yang manfaatkan bahasa tertentu di suatu daerah, dan juga pemakaian unsur instrumen musik khas daerah itu sendiri.

Lagu daerah termasuk pasti menggambar sesuatu yang berhubungan dengan daerah tersebut, ataupun pesan yang terkandung didalamnya.

Beberapa Lagu Daerah Sumatera Barat mungkin udah tidak asing kembali di telinga kita, dikarenakan sebetulnya popularitasnya di tanah air tidak diragukan lagi.

Kumpulan lagu adat Padang ini punya kandungan banyak pesan – pesan kebaikan bagi orang yang mendengarkan. Ada perihal percintaan, pertemanan, rindu kepada kampung halaman.

Maka terlalu disayangkan jikalau kami tidak mau mengenal lebih jauh terhadapnya. Padahal sekarang terlalu mudah untuk memperoleh informasi.

Cukup dengan terhubung alat komunikasi modern, maka dengan cepat macam – macam lagu daerah yang tersedia di Sumatera Barat Anda diketahui melaui sarana Komunikasi Daring itu.

Bahkan, tak sedikit termasuk lagu daerah Sumatera barat yang mampu dikenal di seluruh Indonesia. Beberapa diantaranya seperti Ayam Den Lapeh, Dindin Badindin, dan lagu Kampuang Nan Jauah di Mato.

Lagu daerah Sumatera Barat termasuk sering dijadikan lagu pengiring tarian tradisional.

Yuk simak daftar lagu di Sumatera Barat dengan penjelesannya dibawah ini

1. Kampuang Nan Jauah Di Mato

Lagu area Sumatera Barat ini berjudul “Kampuang Nan Jauah Di Mato” yang artinya kampung yang jauh di mata.

Hingga selagi ini, lagu tersebut tetap konsisten diajarkan kepada tiap-tiap generasi baru peranan melestarikannya.

Selain itu, lagu area ini terhitung melukiskan kecintaan terhadap tanah Minangkabau, kebersamaan, rasa persaudaraan dan gotong royong yang dimiliki penduduk di area ini.

Kepopulerannya makin lama terjaga karena sudah banyak dinyanyikan kembali oleh musisi-musisi berdarah Minang layaknya Elly Kasim, Ria Amelia sampai penyanyi gampang Nashwa di pentas Indonesian Idol Junior. Berikut, Lirik Lagu Kampuang Nan Jauah Di Mato :

Kampuang nan jauh di mato
Gunuang Sansai Baku Liliang
Takana Jo Kawan, Kawan Nan Lamo
Sangkek Basu Liang Suliang

Panduduknya nan elok nan
Suko Bagotong Royong
Kok susah samo samo diraso
Den Takana Jo Kampuang

Takana Jo Kampuang
Induk Ayah Adik Sadonyo
Raso Mangimbau Ngimbau Den Pulang
Den Takana Jo Kampuang

Pos terkait