Lima Orang Jurnalis Alami Tindakan Kekerasan saat Meliput Pemulangan Warga Air Bangis di Masjid Raya Sumbar

Tangkapan layar saat jurnalis Tempo Fachri Hamzah diangkat kerah bajunya oleh anggota polisi berpakaian bebas saat meliput kerusuhan pemulangan warga Air Bangis, Sabtu 05 Agustus 2023.

TOPSUMBAR – Ada lima orang jurnalis mendapat tindakan intimidasi dan kekerasan saat meliput pemulangan warga Air Bangis Pasaman Barat yang menginap di Masjid Raya Sumatera Barat pada Sabtu, 05 Agustus 2023 kemarin.

Dari ke lima jurnalis tersebut, ada Aidil Ichlas Ketua AJI Padang yang juga mendapatkan ancaman dari petugas kepolisian berpakaian bebas. Awalnya Aidil Ichlas berupaya melepaskan Nandito yang pertama kali diancam oleh oknum polisi. Beberapa menit kemudian, tampak sejumlah perwira dari Polresta Padang mencoba menengahi dan meminta maaf.

Saat peliputan tersebut, sedang terjadi kerusuhan dalam proses pemulangan masyarakat Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat yang bertahan di Masjid Raya Sumatera Barat, Warga Air Bangis yang menggelar demonstrasi sejak 31 Juli hingga 4 Agustus 2023 di Kantor Gubernur Sumatera Barat enggan untuk dipulangkan.

Bacaan Lainnya

Saat pemulangan warga tersebut terjadi kerusuhan, Nandito jurnalis Tribunpadang.com berniat untuk merekam situasi dan melakukan siaran langsung untuk medianya. Namun dirinya dihalangi dan dilarang untuk mengambil gambar.

Pos terkait