ESI Padang Panjang Bakal Gelar Kejurda, Perlombakan PUBG, Mobile Legend dan PES

Topsumbar – Pengurus Esports Indonesia (ESI) Kota Padang Panjang bakal menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) pada 12-13 Agustus mendatang.

Kejurda tersebut akan dihelat di Menyala Coffee Shop and Roastery Eatery di gedung Senja Kenangan, Jalan Prof. Hamka, No 53, Kelurahan Bukit Surungan, Padang Panjang.

Pada kejurda itu nantinya akan diperlombakan 3 cabang yaitu PUBG, Mobile Legend, dan PES.

Bacaan Lainnya

Kejurda itu sendiri digelar dalam rangka penjaringan atlet esports Kota Padang Panjang, sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-78.

Hal tersebut mengemuka saat Ketua Cabang Olahraga (Cabor) ESI Padang Panjang, Arya Saputra beserta panitia beraudiensi dengan Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran, Selasa, (8/8/2023), di Rumah Dinas Wali Kota, dikutip dari laman Kominfo Padang Panjang.

Arya Saputra didampingi Ketua Panitia, Dega Paduwana mengatakan, pada nomor PUBG, slot yang disediakan sebanyak 64, Mobile Legend dan PES masing-masing 32 slot. Adapun total hadiah Rp14,5 juta.

“Sejak 28 Juli lalu, antusiasme yang mendaftar sudah mulai banyak. Cabang Mobile Legend dan PES slot penuh. Pada PUBG dari 64, sudah separuh yang mendaftar. Kejurda ini sangat penting bagi kami sebagai upaya penjaringan atlet,” katanya.

Sementara itu, Wako Fadly menyambut baik kejurda tersebut lantaran ESI merupakan cabor yang masuk dalam KONI.

“Ke depan ESI Padang Panjang diharapkan bisa membina atletnya sebagaimana layaknya atlet profesional. Bisa melihat sistem dan penganggaran.  Bisa  melobi anggaran pembinaan atlet,” ujar Fadly memberikan saran kepada pengurus cabor baru itu.

Menurut Fadly, esports bakal mudah mendapat kucuran anggaran bila cabor ini bisa membuktikan prestasi yang diraih.

“Berlatih secara profesional,  ada pelatih di situ, ada prestasi. Jadikan hobi sebagai penghasilan,” tutur Fadly.

Dikutip dari Wikipedia, Esport atau electronic sport merupakan salah satu cabang olahraga modern yang saat ini banyak digemari oleh generasi muda, terutama generasi Z dan generasi Alpha.

(AL)

Pos terkait