Deretan Tikungan Ekstrem dan Tanjakan Maut di Sumatera Barat

Jalanan ekstream di Sumatera Barat (foto: Topsumbar.co.id)

TOPSUMBAR – Sumatera Barat terkenal dengan banyak destinasi wisatanya, dengan wisatanya yang banyak akses jalan menuju lokasi wisatanya juga banyak yang tidak mudah untuk dilalui.

Mulai dari jalan yang tidak bagus sampai jalan yang terkenal ekstrem menurut para pengunjungnya. Tidak hanya jalan menuju lokasi wisata, jalan lintas Sumatera juga terkenal dengan tikungan dan tanjakan yang ekstrim.

Jalan lintas Sumatera benar-benar menguji tingkat fokus dan kesabaran seorang sopir, lengah sedikit bisa-bisa mobil yang dikendarai masuk ke dalam jurang atau menabrak dinding bukit.

Bacaan Lainnya

Karena jalan Sumatera di dominasi dengan jalan yang melewati perbukitan yang menjadikan jalan itu memiliki jurang dan dinding bukitnya, selain itu jalan lintas Sumatera juga memiliki jalan yang berkelok-kelok dan jalan yang tidak besar menjadikan berpapasan dengan kendaraan lain menjadi sedikit susah.

Inilah deretan jalan ekstrem yang ada di Sumatera Barat:

1. Sitinjau Lauik

Sitinjau Lauik merupakan jalan penghubung antara kota Padang dengan Kabupaten Solok, jika para wisatawan melewati jala ini mereka bisa mengunjungi kebun teh yang berada di Alahan Panjang. Jalan Sitinjau Lauik dikenal ekstrim karena memiliki tikungan yang sangat tajam, tikungan tersebut dinamai Panorama Satu.

Menjadikan tikungan Sitinjau Lauik menjadi ekstrim adalah kombinasi antara tikungan dan pendakian yang sagat curam. Bagi pengemudi yang baru bisa membawa mobil sebaiknya berhati-hati jika melalui tikungan maut ini, karena saat melalui jalur Sitinjau Lauik membutuhkan skil mengemudi yang mahir supaya saat mendaki jalur Sitinjau Lauik tidak mundur dan menyebabkan kecelakaan.

Untuk diketahui, tikungan Sitinjau Lauik ini sudah terkenal dimana-mana. Para Youtuber jalanan pun menghabiskan hari-hari nya di Situnjau Lauik untuk membuat konten. Sebab hampir setiap menit tikungan ini dilalui kendaraan, saking ekstremnya, tikungan tersebut juga tak memungkinkan untuk dilewati oleh dua kendaraan besar yang berpapasan.

Tikungan yang memiliki kemiringan 45 derajat itu juga menyimpan kengerian tersendiri. Jadi unik untuk diliput dan dijadikan konten oleh Youtuber, berdasarkan catatan KNKT, ada 36 kecelakaan yang terjadi di Sitinjau Lauik pada tahun 2020.

2. Jalan Mandeh

Jalan akses wisata ke lokasi Puncak Mandeh ini memiliki jalan yang sangat ekstrim dikarenakan jalan yang mendaki dan menurun disertai tikungan tajam membuat pengemudi harus ekstra hati-hati melewati jalur tersebut.

Salah satu spot Jalan Mandeh yang ekstim bernama Jalur Teluk Sirih, jalan yang memiliki pendakian yang curam, tikungan yang tajam, jurang dikanan dan kiri jalan menjadikan spot jalan itu menjadi ekstrim karena tidak hanya dilalui oleh kendaraan wisatawan tetapi juga dilewati oleh truk yang membawa batu bara ke PLTU Teluk Sirih dari arah Kota Padang.

3. Silaiang

Jalan yang menghubungkan antara kota Padang dengan Padang Panjang ini memiliki jalur pendakian yang cukup ekstrim, karena jalan yang kecil, pendakian yang curam dan jurang bekas jalur kereta api menjadi ancaman saat lewat di jalur tersebut. Mengarah ke Padang Panjang biasanya wisatawan mengunjungi salah satu water park di sana yang bernama Mifan Water Park Padang Panjang. Di wilayah ini, juga kerap terjadi kecelakaan dan pengendara diimbau untuk berhati-hati.

4. Malalak

Malalak merupakan jalan alternatif penghubung kota Padang dengan kota Bukittinggi, jika ingin melewati jalur Malalak kita bisa masuk dari daerah Sicincin dan bisa juga melewati Pariaman. Jalur ini sangat eksrim dikarenakan longsor yang sering terjadi di musim hujan dan asap kabut yang tebal setelah hari hujan, jika ingin melewati jalur Malalak sebaiknya tidak di musim penghujan karena resiko terkena longsor sangatlah besar.

5. Kelok 44

Kelok 44 terletak di kabupaten Agam ini memiliki jalan yang ekstrim, dibalik ekstrimnya jalur Kelok 44 menyimpan pemandangan Danau Maninjau yang sangat indah salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi adalah Puncak Lawang. Jalur Kelok 44 disebut ekstrim karena memiliki 44 tikungan yang tajam dan jalan yang sempit, jika kita dari kota Padang kita akan mendaki Kelok 44 tersebut.

Kelok 44 ini juga bisa dijadikan atraksi uji nyali, ingin merasakan touring di kelok 44 dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk silakan berkunjung ke Kabupaten Agam.

6. Kelok 9

Jalan Kelok 9 yang berada di kota Payakumbuh dulunya menjadi jalan yang ekstrim untuk dilalui, karena jalan Kelok 9 dulu memiliki 9 tikungan yang tajam, jalan yang sempit dan jalan yang mendaki dan menurun.

Tetapi sekarang jalur tersebut sudah jarang digunakan karena sudah dibangunya Fly Over Kelok 9, tetapi jalur yang lama masih bisa dilewati oleh pengendara jika ingin bernostalgia. Jalur Kelok 9 merupakan jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Pekanbaru, jalanan ini juga ramai dan padat kendaraan loh.

Itulah deretan jalan ekstrem yang ada di Sumatera Barat, kamu sudah coba melewatinya? Jika masih ada jalan dengan tikungan ekstrem dan tanjakan maut yang belum kami rangkum akan kami terbitkan pada edisi selanjutnya.

(Wandy)

Pos terkait