Cuma 1 Jam dari Bukittinggi, Sudah Bisa Menikmati Keindahan Danau Singkarak dan Makan Ikan Bilih

Danau Singkarak (Foto: Sumbarprov)

Ikan Bilis Lestarikan Ekonomi Masyarakat

Penelitian kesejahteraan ekonomi ini dilakukan oleh Layra Nichi Sari, Suharni dan Netti Tinaprilla pada September 2016, dengan judul artikel “Analisis Pendapatan Usaha Tani Ikan Bilih di Danau Singkarak Sumatera Barat”.

Didapatkan hasil bahwa keuntungan rata-rata pendapatan para nelayan Bilih di Danau Singkarak berada di angka Rp2.770.523 hingga Rp3.582.145 per bulannya, ini menandakan kehadiran ikan Bilih di Danau Singkarak bisa melestarikan ekonomi masyarakat nelayan di sekitar.

Warung ikan Bilih di Danau Singkarak (foto: Topsumbar.co.id)
Warung ikan Bilih di Danau Singkarak (foto: Topsumbar.co.id)

Selain itu, ikan bilih juga sebagai mata pencaharian masyarakat sekitar danau untuk dijual, dilansir dari news.republika.co.id Jum’at (18/08/2023), harga jual ikan bilih mengalami kenaikan dari Rp60 ribu per Kilograam, menjadi Rp80 ribu per kilogram.

Bacaan Lainnya

Kenaikan harga ini terjadi sejak jelang hari raya Idul Fitri, hal ini disebabkan keberadaan ikan Bilih yang mulai langka di Danau Singkarak.

Harga ikan Bilih goreng diketahui lebih mahal daripada harga ikan Bilih basah, karena ikan Bilih goreng lebih ringan daripada ikan bilih yang belum digoreng atau diolah.

Objek Wisata Danau Singkarak

Sudah puas berbelanja ikan Bilih dan menikmati keindahan Danau Singkarak? Kali ini Topsumbar akan membawa kamu berjalan-jalan ke objek wisata yang ada di Danau Singkarak.

1. Tanjung Mutiara

Berlokasi di Nagari Batu Taba, Kecamatan Batipuh Selatan, kamu bisa menikmati keindahan pantai di tepian Danau Mutiara ini. Kamu bisa menikmati keindahan danau dengan menyewa perahu yang telah disediakan oleh para nelayan, dengan menyediakan biaya sebesar Rp25 Ribu rupiah saja, kamu sudah bisa berkeliling Danau bersama keluarga.

2. Dermaga Singkarak

Dermaga yang ada di Danau Singkarak ini menyuguhkan pemandangan hamparan Danau dan kapal-kapal nelayan yang berlayar, kamu juga bisa ikut berlayar menikmati keindahan Danau dengan menyewa perahu-perahu yang ada.

Lelah berlayar, jangan khawatir. Disekitar dermaga terdapat penjual makanan yang menjual kuliner khas Danau Singkarak, yaitu ikan Bilih kering, mie goreng, nasi goreng dan juga mainan untuk anak-anak.

Dermaga Singkarak ini kerap kali jadi pilihan wisata keluarga ketika hari raya Idul Fitri, sekedar untuk menikmati pemandangan atau makan bersama keluarga.

Dermaga Danau Singkarak digunakan untuk upacara kemerdekaan HUT RI ke-78 tahun oleh Pemerintah Kabupaten Solok (foto: Topsumbar.co.id)
Dermaga Danau Singkarak digunakan untuk upacara kemerdekaan HUT RI ke-78 tahun oleh Pemerintah Kabupaten Solok (foto: Topsumbar.co.id)

Selain itu, lapangan dermaga yang cukup luas, sering digunakan ketika menggelar acara pentas seni dan hiburan lainnya. Baru-baru ini, Dermaga Danau Singkarak dijadikan tempat pelaksanaan upacara kemerdekaan HUT RI ke-78 tahun oleh Pemerintah Kabupaten Solok.

Bupati Solok Epyardi Asda dan jajaran nya nampak hadir dan memeriahkan acara yang dipusatkan di Dermaga Danau Singkarak.

3. Tikalak

Daerah Tikalak ini, merupakan daerah yang berada di dekat Danau Singkarak, jika kamu pecinta ketenangan, kamu bisa nongkrong di Tikalak dengan menyeruput kopi yang sudah disediakan di kedai-kedai yang berjejer rapi. Kamu juga bisa memesan makanan serta minuman untuk menemani waktu santaimu.

4. Kem Tikalak

Jangan khawatir, kamu yang memiliki rencana untuk kem di Tikalak juga sudah disediakan lokasi yang tidak jauh dari Tikalak.

Meskipun daerah kem ini terbilang cukup kecil, dan hanya memuat tiga warung atau kedai saja, akan tetapi disana ada pondok yang dibangun untuk kenyamanan saat kem. pondok yang berjumlah delapan bangunan itu cocok untuk kamu yang ingin duduk bersantai sambil menikmati semangkuk mie rebus. wah jadi ngiler nih guys.

Itulah keindahan Danau Singkarak yang ada Sumatera Barat. Tidak hanya kaya dengan keindahan, Danau Singkarak juga kaya dengan hasil alamnya, akan tetapi kita sebagai manusia tidak boleh lupa untuk bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh yang maha kuasa, dengan memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan bersama.

Tunggu apalagi, ayo nikmati keindahan danau tektonik dan jelajahi kulinernya di Danau Singkarak.

(SR)

Pos terkait