Baznas Agam Distribusikan Zakat Pada Empat Program Senilai Rp136 Juta, Bagi 63 Mustahik di 16 Kecamatan

Topsumbar – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kabupaten Agam distribusikan zakat pada 4 (Empat) program bagi 63 Mustahik (penerima zakat, red) di 16 kecamatan dengan total dana Rp136.035.000.

Dalam pendistribusian zakat tersebut, turut bersama Baznas Agam, Dinas Sosial (Dinsos) kabupaten Agam.

Wakil Ketua II Baznas Agam, Syafrizal Yasin mengatakan pendistribusian zakat tersebut akan dilakukan di dua lokasi yaitu hari ini Mushalla Al-Ikhlas Lubuk Basung dan Mushalla Belakang Balok pada hari Kamis 10 Agustus 2023.

Bacaan Lainnya

“Untuk distribusi zakat hari ini kami berikan kepada 38 orang mustahik yang berasal dari 6 kecamatan Tanjung Mutiara, Ampek Nagari, Lubuk Basung, Tanjung Raya, Palembayan, dan Matur,” kata dia saat penyerahan zakat di Mushalla Al-Ikhlas Lubuk Basung, Selasa (8/8/2023), dikutip dari siaran pers Diskominfo Agam, Rabu (9/8/2023).

“Sedangkan pendistribusian zakat di Belakang Balok nantinya akan diberikan kepada 25 orang musthaik di Agam Timur yang berasal dari 10 Kecamatan,” sambungnya melanjutkan.

Adapun empat program dimaksud, dirinci Syafrizal Yasin, pertama Program Agam Sehat berupa bantuan biaya berobat kepada 40 orang dengan total Rp 75.300.000.

Kedua, program Agam Peduli berupa bantuan perbaikan rumah terkena bencana dan bantuan lansia kepada 9 orang dengan total Rp 25.200.000.

Ketiga, program Agam Cerdas berupa bantuan melanjutkan Pendidikan kepada 9 orang dengan dana Rp 22.500.000

Dan keempat, program Agam Makmur berupa bantuan tambahan Modal Usaha kepada 5 orang dengan dana Rp 13.035.000.

Syafrizal juga menjelaskan keterbatasan dana zakat yang terkumpul di Baznas Agam belum bisa menampung semua kebutuhan masyarakat yang membutuhkan.

“Baznas Agam mengupayakan terbentuknya UPZ Nagari dan sosialisasi zakat ke calon muzakki (orang yang berzakat, red) dan perusahaan,” jelasnya

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial diwakili Sekretaris Dinas Sosial, Desnawati menyampaikan himbauannya bagi perusahaan-perusahaan ataupun warga Agam sekitar untuk bisa menyalurkan zakatnya melalui Baznas Agam.

“Jadi nanti bantuan yang Baznas dapatkan akan diberikan juga Kembali kepada mustahik-mustahik yang ada di Kabupaten Agam,” tuturnya.

Terpisah, Kabid IKP Diskominfo Agam, Antono dihubungi Topsumbar.co.id, ketika ditanyakan nama 10 kecamatan di Agam bagian timur, menjelaskan, yakni Kecamatan Malalak, IV Koto, Sei Pua, Banuhampu, Baso, Tilatang Kamang, Kamang Magek, Palupuh, Ampek Angkek, dan Candung.

(AL)

Pos terkait