7 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi saat Berada di Sumatera Barat

Youtuber Shaty di China berkunjungi ke objek Wisata Istana Pagaruyuang di Tanah Datar (foto: capture youtube Shanty di China)

TOPSUMBAR – Sumatera Barat memiliki banyak sekali objek wisata yang bisa dikunjungi di berbagai daerah, wisata yang indah dan bermacam-macam mulai dari pantai hingga ke pegunungan ada di setiap kota di Sumatera Barat.

Setiap kota di Sumatera Barat memiliki destinasi wisata unggulanya masing-masing seperti Kota Bukittinggi dengan ikon Jam Gadang, Kota Padang dengan wisata Pantainya dan banyak lagi objek wisata yang wajib dikunjungi di Sumatera Barat.

Dibawah ini ada rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

1. Pantai Air Manis

Salah satu pantai berada di Kota Padang yang populer di kalangan masyarakat karena cerita yang tersimpan di balik indahnya Pantai Air Manis ini, yakni kisah Malin Kundang.

Objek Wisata Pantai Air Manis Padang (foto: taste of Padang)
Objek Wisata Pantai Air Manis Padang (foto: taste of Padang)

Cerita ini mengisahkan seorang anak yang durhaka kepada ibunya lalu dikutuk menjadi batu oleh ibunya. Cerita tersebut memiliki bukti yang berada di Pantai Air Manis, ada sebuah batu yang terlihat sedang sujud itulah Malin Kundang yang dikutuk oleh ibunya karena durhaka.

Selain batu Malin Kundang kita juga bisa mengunjungi Pulau kecil yang berada persis di depan pantai air manis tersebut, pulau yang bernama pulau pisang ketek itu hanya bisa dikunjungi ketika pasang sedang surut dan kita hanya bisa mengunjunginya dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 200 meter dari Pantai Air Manis.

2. Danau Diateh dan Danau Dibawah (Danau Kembar)

Wisata danau yang berada di kota Alahan Panjang memiliki pesonanya sendiri, karena jika kita berkunjung ke kawasan ini kita akan disambut dengan udara yang sejuk dan dingin.

Danau ini sempat menjadi perdebatan karena letaknya yang tidak sesuai dengan namanya, karena Danau Diateh yang terletak di sebelah kanan memiliki jalan yang menurun jika kita ingin mengunjunginya, sedangkan Danau Dibawah yang terletak disebelah kiri memiliki jalan yang mendaki jika kita ingin melihatnya.

Objek Wisata Danau Diateh di Kabupaten Solok (foto: Topsumbar.co.id)
Objek Wisata Danau Diateh di Kabupaten Solok (foto: Topsumbar.co.id)

Tetapi faktanya walaupun Danau Dibawah terlihat lebih tinggi dari Danau Atas tetapi permukaan airnya masih lebih rendah dari Danau Diatas. Di Danau Atas kita bisa bermain di tepi danau nya yang memiliki air yang dingin, selain itu kita juga bisa melakukan camping di tepi danau yang tempatnya sudah ada, kita juga bisa menyewa kapal untuk berkeliling danau Atas dengan keluarga kita.

Tetapi di Danau Dibawah kita belum bisa bermain di tepi danaunya, dikarenakan masih curamnya jalan menuju tepian danau sehingga kita hanyan bisa menikmanti indahnya pemandangan yang disuguhkan oleh Danau Dibawah.

Pos terkait