7 Tempat Wisata Sejarah di Sumbar Peninggalan Belanda, Nomor 2 Terletak di Bukittinggi

Jam Gadang pada tahun 1935 (Foto: Koleksi Bal F.H.J)
Jam Gadang pada tahun 1935 (Foto: Koleksi Bal F.H.J)

TOPSUMBAR – Berikut adalah 7 tempat wisata yang ada di Sumatera Barat yang merupakan peninggalan pemerintahan Belanda yang masih bisa dikunjungi.

Sumatera Barat merupakan surganya tempat wisata. Seluruh tempat wisata mulai dari pantai, gunung, danau hingga sejarah ada di Sumatera Barat.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Sumatera Barat, jangan hanya sekedar pergi ke tempat wisata alamnya saja. Karena juga banyak tempat wisata sejarah yang sampai saat ini masih bisa dikunjungi.

Bacaan Lainnya

Dengan mengunjungi wisata sejarah yang ada di Sumatera Barat, kamu akan mendapatkan ilmu yang nantinya bisa kamu bawa kembali ke daerahmu.

Untuk pembahasan kali ini adalah tentang wisata sejarah yang merupakan peninggalan Belanda yang masih bisa kamu kunjungi untuk berwisata.

Berikut 7 tempat wisata peninggalan Belanda yang masih bisa dikunjungi dan kamu bisa mengetahui bagaimana sejarahnya tempat-tempat ini.

1. Jam Gadang

Jam Gadang yang terletak di Kota Bukttinggi ini merupakan salah satu tempat wisata yang merupakan peninggalan pemerintahan Hindia-Belanda.

Dilansir dari laman Pemko Bukittinggi, Jam Gadang dibangun pada 1926 sebagai hadiah dari Ratu Belanda kepada Rook Maker, sekretaris Fort de Kock (sekarang Kota Bukittinggi) pada masa pemerintahan Hindia Belanda.

Jam Gadang ini dirancang oleh seorang warga Minangkabau yang bernama Yazid Rajo Mangkuto.

Pada bagian denah dasarnya, Jam Gadang berbentuk persegi dengan luas yang mencapai 13×4 meter, dengan tinggi 26 meter.

Pada puncak Jam Gadang terdapat sebuah jam berukuran cukup besar dengan ukuran diameter 80 sentimeter di keempat sisi luarnya.

Pos terkait