Ketua Umum Dekranas Ny Wury Ma’ruf Amin Minta Pelaku UMKM Sektor Kriya Tingkatkan Kompetensi

Topsumbar – Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Ny Wury Ma’ruf Amin yang juga istri Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, minta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sektor Kriya meningkatkan kompetensi.

Hal tersebut disampaikan
Ny. Wury Ma’ruf Amin, saat membuka kegiatan Peningkatan Kompetensi UMKM Kriya di gedung pertunjukan Huriah Adam, Institut Seni Indonesia (ISI) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Jumat (21/7/2023).

Pada kegiatan yang mengusung tema ‘Kreatifitas dan Inovasi Bagi Penguatan Pelaku Usaha Kriya’ itu, Ny. Wury Ma’ruf Amin yang turut didampingi sejumlah pengurus Dekranas, mengatakan Dekranas dan pihak terkait berupaya meningkatkan kompetensi UMKM sektor kriya.

Bacaan Lainnya

“Hal tersebut agar UMKM sektor Kriya memiliki daya saing untuk menembus pasar nasional hingga global,” sebutnya.

Dalam upaya peningkatan kompetensi itu, Ia meminta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) melaksanakan sejumlah program diantaranya pelatihan, pendampingan, kemudahan perizinan hingga akses pasar.

“Sinergi semua pihak juga perlu diperkuat agar keinginan bersama UMKM Kriya bisa berkembang bisa terealisasikan,” katanya.

Selain itu, Ny. Wury Ma’ruf Amin juga meminta pelaku UMKM Kriya dapat menciptakan produk yang menarik dan bernilai tinggi dengan memadukan keahlian tradisional dan inovasi modern.

“Pelaku usaha UMKM Kriya tidak hanya menciptakan produk bernilai ekonomi, tetapi juga dapat mewariskan kekayaan budaya dan tradisi bangsa Indonesia hingga dikenal dunia,” ungkapnya.

Pada bagian lain kata sambutannya, Ny. Wury Ma’ruf Amin turut menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kementerian Investasi/BKPM yang menginisiasi kegiatan peningkatan kompetensi UMKM Kriya.

“Begitu pun saya sampaikan apresiasi tinggi bagi pelaku UMKM di sektor Kriya,” ujarnya.

Usai sambutannya, Ny. Wury Ma’ruf Amin dan sejumlah pengurus Dekranas beserta Ketua Dekranasda Sumatera Barat, Harneli Mahyedi dan tamu undangan lainnya
melakukan kunjungan ke booth Kompetensi UMKM Kriya di halaman ISI Padang Panjang.

Dari ISI dilanjutkan dengan mengunjungi Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) di Minang Village, Silaing Bawah. Disambut dengan musik khas Minangkabau dan diakhiri dengan makan bajamba.

Selain sambutan Ketua Umum Dekranas, dalam pembukaan kegiatan peningkatan kompetensi UMKM Kriya itu, turut memberikan sambutan Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat, Harneli Mahyedi, Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas, Sri Suparni Bahil, Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran, dan Rektor ISI Padang Panjang, Febri Yulika.

(Alfian YN)

Pos terkait