12 Wartawan Pelaku Sejarah Perpindahan Ibu Kota Agam Ke Lubuk Basung Diganjar Penghargaan

Topsumbar – 12 (Dua Belas) wartawan senior pelaku sejarah perpindahan ibu kota Kabupaten Agam ke Lubuk Basung 30 tahun silam diganjar penghargaan oleh Pemerintah Kabupaten Agam.

Penghargaan itu diberikan Bupati Agam, Andri Warman saat upacara peringatan perpindahan ibu kota ke-30, di Halaman Kantor Bupati Agam, Rabu (19/7/2023), dikutip dari Agam Media Center.

Salah seorang wartawan senior penerima penghargaan, Harmen mengatakan pada masa sebelum 19 Juli 1993 para insan pers memainkan peran penting dalam menyukseskan perpindahan ibu kota Agam ke Lubuk Basung.

Bacaan Lainnya

“Peran para wartawan saat itu adalah menyampaikan informasi-informasi seputar perpindahan ibu kota Agam ke Lubuk Basung,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, saat itu ada 12 wartawan yang intens mengawal rencana perpindahan ibu kota. 12 wartawan itu bertugas di tiga media besar seperti Harian Semangat, Harian Singgalang dan Harian Haluan.

“12 kawan ini ada yang bertugas di Bukittinggi pada masa itu, ada yang di Agam,” kata mantan wartawan Harian Semangat itu.

Sementara itu wartawan senior Harian Singgalang yang juga menerima penghargaan, Lukman SP menyampaikan dengan diterimanya penghargaan itu diharapkan makin memperat kemitraan insan pers dan pemerintah daerah.

“Wartawan itu adalah mitra kerja pemerintah. Semoga kedepan, hubungan yang sudah terjalin baik bisa semakin lebih baik lagi,” harapnya.

Berikut 12 wartawan senior penerima penghargaan :

1. Alm Fadril Azis Isnaini wartawan Harian Semangat

2. Alm Syafruddin Hasan wartawan Harian Semangat

3. Alm Deny Sastra Yuza wartawan Harian Semangat

4. Harmen wartawan Harian Semangat

5. Drs M Khudri wartawan Harian Singgalang

6. Lukman, SP wartawan Harian Singgalang

7. Alm H M Nazif Azis wartawan Harian Haluan

8. Ir Rusdi Lubis wartawan Harian Haluan

9. Miazuddin St. Marajo wartawan Harian Haluan

10. Kasra Scorpi wartawan Harian Haluan

11. Alm Chandra Rama wartawan Harian Haluan

12. Drs Ahmad Jalinus wartawan Harian Singgalang.

Informasi dihimpun, sebelum upacara HUT ke- 30 Kota Lubuk Basung sebagai Ibu Kota Kabupaten Agam di halaman kantor Bupati Agam, Bupati Agam, Andri Warman bertemu ramah bersama Forkopimda.

Setelah temu ramah dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama di Rumah Dinas Bupati Agam di Padang Baru, Lubuk Basung.

Terlihat Bupati Agam didampingi Sekda Agam, Edi Busti, menyambut kedatangan Forkopimda mulai dari Kajari Agam, Dandim Agam, Kapolres Agam, Kakan Kemenag Agam, Kepala Pengadilan Negeri, Ketua DPRD Agam, Mantan Bupati Agam, Aristo Munandar, dan unsur lainnya.

Usai sarapan, Bupati Agam beserta Forkopimda dan seluruh rombongan langsung menuju halaman Kantor Bupati Agam, untuk melaksanakan upacara peringatan HUT Ke-30 Kota Lubuk Basung sebagai Ibu Kota Kabupaten Agam.

(AL)

Pos terkait