Jaga Aset Perkeretaapian, DJKA Jalin Komitmen Dengan Pemko Padang Panjang

Topsumbar – Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) jalin komitmen dengan Pemerintah Kota Padang Panjang.

Jalinan komitmen itu berbarengan kunjungan Kasubdit Pencegahan dan Penegakan Hukum DJKA, John Ferry ke Pemerintah Kota Padang Panjang, Selasa (6/6/2023), dikutip dari laman Kominfo Padang Panjang.

John Ferry yang turut didampingi perwakilan Balai Teknis Perkeretaapian Kelas II Padang diterima Sekdako Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, didampingi Asisten II, Ewasoska, dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Arkes Refagus, di Ruang VIP Balai Kota.

Bacaan Lainnya

John mengatakan, ada beberapa kendala yang dialami DJKA dalam upaya peningkatan perekonomian melalui sektor transportasi kereta api. Salah satunya maraknya pencurian rel yang merupakan aset negara di beberapa titik di Sumatera Barat.

“Sesuai dengan arahan Dirjen  kami diminta untuk melakukan komitmen bersama dengan kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat termasuk Kota Padang Panjang. Komitmen ini guna menjaga aset perkeretaapian yang merupakan aset negara dan juga pemanfatan lahan kereta api yang mungkin saat ini belum termanfaatkan,” jelasnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemko Padang Panjang yang sudah memberi ruang untuk bisa mendiskusikan komitmen ini yang juga bisa ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama nantinya.dan Perwakilan Balai Teknis Perkeretaapian  Kelas II Padang

Sementara itu, Sekdako Sonny menyambut baik komitmen yang disampaikan DJKA, karena kereta api menjadi solusi dalam mengatasi persoalan transportasi di Sumbar dalam jangka panjang.

“Namun untuk Padang Panjang saat ini lebih dominan bagaimana aset-aset perkerataapian bisa terus terpelihara. Karena untuk jalur ada tetapi belum aktif sampai saat ini,” ucapnya.

Selain itu, Sonny berharap dengan komitmen Pemko dan DJKA ini bisa membantu dan menjamin aset negara. Serta bisa mewujutkan kerja sama lain dalam pemanfaatan kawasan kereta api khususnya di Padang Panjang.

(AL)

Pos terkait