KPU Kota Padang Panjang Sukses Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

KPU Kota Padang Panjang Sukses Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

TOPSUMBAR – KPU Kota Padang Panjang telah sukses menyelenggarakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Auditorium Mifan Waterpark pada Rabu, 31 Januari 2024.

Ketua KPU Padang Panjang, Puliandri, menyatakan bahwa melalui simulasi ini, pihaknya telah memastikan kesiapan dalam menghadapi tahapan proses Pemilu 2024.

“Simulasi ini merupakan bagian dari kesiapan kami, serta upaya untuk memastikan kesiapan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menjelang Pemilu 2024,” kata Puliandri.

Bacaan Lainnya

Sebanyak 58 petugas PPK dan PPS se-Kota Padang Panjang serta KPPS terlibat langsung dalam simulasi ini, berperan sebagai masyarakat pemilih dan petugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Puliandri menegaskan bahwa simulasi merupakan persiapan matang untuk pemungutan suara Pemilu 2024.

Hal ini untuk memastikan kecakapan pemantapan para petugas dalam melaksanakan tugas dan peran masing-masing.

Ia berharap para petugas yang terlibat dapat melaksanakan tugasnya dengan maksimal pada hari pemungutan suara.

“Dengan persiapan yang matang dan semangat yang tinggi, KPU berharap pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan lancar dan hasilnya dapat dipercaya masyarakat,” tambahnya.

Pada kesempatan ini, KPU memberikan penjelasan kepada calon pemilih mengenai tata cara pencoblosan dan memasukkan surat suara ke dalam kotak suara sesuai dengan warna kertas suara yang telah ditentukan.

Pemilihan Presiden menggunakan warna abu-abu, DPR RI kuning, DPD RI merah, DPRD Provinsi biru, dan DPRD Kota hijau.

Pj Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, menyampaikan apresiasi kepada jajaran KPU atas terselenggaranya simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

“Mudah-mudahan simulasi ini bisa berjalan sesuai dengan harapan. Kegiatan ini merupakan representasi kejadian pemungutan suara sesungguhnya dan persiapan untuk menghadapi situasi riil dan kendala di lapangan pada pemilu nanti,” ucapnya.

Sonny berharap simulasi ini dapat memberikan edukasi dan pemahaman terhadap cara pemilihan suara pada pemilu serentak nanti.

“Mari sama-sama kita sukseskan Pesta Demokrasi 2024 dengan aman dan nyaman, lancar serta sukses. Semoga angka partisipasi masyarakat khususnya di Padang Panjang pada pemilu kali ini dapat lebih meningkat daripada sebelumnya,” tutupnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kapolres Padang Panjang AKBP. Kartyana Widyarso Wardoyo Putro, SIK, MAP, perwakilan Danramil, Kejaksaan, Rutan Kelas II B, kepala OPD terkait, Bawaslu, dan undangan lainnya.

(AL)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait