Info BLT PIP Juni 2023 bisa Cair Rp1 Juta, Cek NIK dan NISN di Sini serta Jadwalnya

BLT PIP Juni 2023 bisa Cair 1 Juta, Cek NIK dan NISN di Sini serta Jadwalnya
BLT PIP Juni 2023 bisa Cair 1 Juta, Cek NIK dan NISN di Sini serta Jadwalnya (ilustrasi: topsumbar.co.id)

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan segera menyalurkan bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP) Pendidikan Dasar dan Menengah tahun 2023.

Pada SK yang dapat diunduh melalui laman pip.kemdikbud.go.id. itu, ada sebanyak 325.230 peserta didik yang akan segera mendapatkan bantuan PIP.

Peserta didik yang ditetapkan itu adalah peserta didik yang berada di kelas akhir, yakni kelas 6 sekolah dasar, kelas 9 (SMP), dan kelas 12 (SMA/SMK), serta peserta didik yang ada di program kesetaraan, yakni Paket A, B, dan C.

Bacaan Lainnya

Selain itu, pada SK itu peserta didik di kelas akhir pada sekolah luar biasa (SLB) juga disebutkan segera mendapatkan bantuan PIP.

Peserta didik yang tercantum dalam SK tersebut merupakan peserta didik kelas akhir hasil pemadanan pada Dapodik, DTKS dan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPPKE).

Peserta didik yang tercantum dalam SK tersebut diminta segera mengaktivasi rekening SimPelnya paling lambat tanggal 30 Juni 2023 untuk mendapatkan BLT PIP.

Aktivasi rekening SimPel dilakukan secara langsung oleh Peserta didik atau orangtua/wali penerima PIP, atau dapat dilakukan secara kuasa oleh penerima kuasa, yaitu kepala sekolah.

Proses aktivasi dilakukan di bank penyalur, yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk jenjang SD, SMP, SDLB, SMPLB, Paket A dan Paket B, Bank Negara Indonesia (BNI) untuk jenjang SMA, SMK, SMALB dan paket C serta serta Bank Syariah Indonesia(BSI) untuk seluruh jenjang khusus di Propinsi Aceh.

Peserta didik yang telah melakukan aktivasi rekening akan ditetapkan sebagai Penerima PIP sehingga dana PIPnya akan segera disalurkan ke Buku Tabungan SimPel masing-masing peserta didik.

Namun, untuk peserta didik yang tidak melakukan aktivasi rekening sampai 30 Juni 2023, akan dibatalkan sebagai penerima PIP.

Pos terkait