Aktivasi Rekening SimPel Penerima Bansos PIP Kemdikbud, Cara Mencairkan Dana di Bank serta Syaratnya

Aktivasi Rekening SimPle Penerima Bansos PIP Kemdikbud, Cara Mencairkan Dana dan Syaratnya
Aktivasi Rekening SimPle Penerima Bansos PIP Kemdikbud, Cara Mencairkan Dana dan Syaratnya (ilustrasi: Topsumbar.co.id)

Topsumbar – Inilah informasi cara aktivasi rekening SimPel untuk siswa penerima bansos PIP dari pemerintah dan cara mencairkan dana beserta syaratnya.

Rekening atau Tabungan SimPel adalah tabungan untuk siswa yang diterbitkan secara nasional oleh Bank-bank di Indonesia dengan persyaratan mudah dan sederhana serta fitur yang menarik, dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini.

Daftar Bank yang menyediakan Tabungan SimPel (Simpanan Pelajar) adalah Bank BRI, BNI, Mandiri, BTN, CIMB, BJB dan lain-lain.

Bacaan Lainnya

Untuk memastikan sebagai penerima penerima Bansos PIP Kemdikbud 2023, bisa di cek melaui laman resmi milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), yaitu pip.kemdikbud.go.id.

Sebelumnya, pastikan juga bahwa siswa yang bersangkutan memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyalurkan bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP) Pendidikan Dasar dan Menengah tahun 2023 untuk membiayai pendidikan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin.

Peserta didik yang ditetapkan itu adalah peserta didik yang berada di kelas akhir, yakni kelas 6 sekolah dasar, kelas 9 (SMP), dan kelas 12 (SMA/SMK), serta peserta didik yang ada di program kesetaraan, yakni Paket A, B, dan C.

Selain itu, peserta didik di kelas akhir pada sekolah luar biasa (SLB) juga disebutkan segera mendapatkan bantuan PIP.

Peserta didik tersebut merupakan peserta didik kelas akhir hasil pemadanan pada Dapodik, DTKS dan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPPKE).

Sebagai salah satu syarat menerima Bansos PIP Kemdikbud, peserta didik yang teraftar diminta segera mengaktivasi rekening SimPel paling lambat tanggal 30 Juni 2023 untuk mendapatkan Bansos PIP.

Nah, bagaimana cara aktivasi rekening SimPel untuk siswa penerima PIP?

Siswa yang akan melakukan aktivasi rekening PIP dapat langsung mengunjungi bank penyalur beasiswa. Bagi siswa SD dan SMP sederajat dapat mengunjungi Bank BRI, siswa SMA dan SMK sederajat dapat mengunjungi Bank BNI, dan siswa yang berdomisili di Provinsi Aceh dapat mengunjungi Bank BSI.

Untuk lebih mudahnya, berikut adalah langkah atau cara mengaktikan rekening tabungan SimPel agar dapat mencairkan dana PIP:

  • Kunjungi bank yang menyalurkan dana bantuan PIP.
  • Membawa surat keterangan aktivasi rekening SimPel PIP dari Kepala Sekolah.
  • Bawa KTP/KK/Surat Domisili orang tua atau wali.
  • Isi formulir pembukaan rekening SimPel PIP dari BRI/BNI.
  • Selamat, rekening PIP telah aktif
  • Selanjutnya, siswa akan mendapat buku tabungan dan kartu debit dari bank terkait.

Peserta didik yang telah melakukan aktivasi rekening SimPel akan ditetapkan sebagai Penerima PIP. Setelah itu, barulah dana akan segera disalurkan ke Buku Tabungan SimPel masing-masing peserta didik.

Untuk mencairkan dana Bansos PIP Kemikbud siswa atau orang tua dapat mengunjungi bank terkait dan memberikan buku tabungan SimPel dan kartu debit ke teller dan sampaikan bahwa ingin mengambil/mencairkan dana bantuan PIP.

Pos terkait