Paling Dicari! Daftar 12 Uang Kuno Indonesia dengan Harga Jual Fantastis, Kolektor Rela Bayar Mahal

Investasi Yuk! 12 Daftar Uang Kuno dengan Harga Jual Fantastis Paling Dicari, Kolektor Rela bayar Mahal
12 Daftar Uang Kuno dengan Harga Jual Fantastis Paling Dicari Kolektor (ilustrasi: TopSumbar.co.id)

Topsumbar – Inilah informasi terbaru mengenai daftar uang kuno Indonesia dengan harga jual yang fantastis. Beberapa di antaranya, saat ini paling diburu oleh kolektor yang rela membayar mahal untuk 1 (satu) lembar/kepingnya.

Dengan demikian, mengumpulkan uang kuno yang sudah tidak sah lagi sebagai pembayaran bisa menjadi lahan untuk investasi. Karena harga jualnya akan terus meningkat sesuai dengan tingkat kelangkaan dan sejarahnya.

Seperti yang diketahui, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki uang koin kuno, namun beberapa diantaranya sudah tak beredar di pasaran.

Bacaan Lainnya

Uang koin kuno sendiri adalah mata uang yang telah lama terbit, bahkan bisa ratusan tahun silam. Uang kuno saat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para kolektor.

Bahkan, kolektor tersebut rela membayar mahal demi mendapatkan uang koin kuno impiannya tersebut. Meski uang kuno sudah tidak memiliki fungsi lagi, namun salah satu barang antik tersebut memiliki nilai ekonomis serta menjadi bukti peninggalan sejarah.

Baca juga: Laku Rp100 Juta, Koin Kelapa Sawit 1993 Jual ke Kolektor Uang Kuno dapat Kawasaki Ninja ZX-25R!

Karena kelangkaannya, harga per koin uang kuno tersebut bisa mencapai nilai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Tak jarang masyarakat mengharapkan beberapa uang jadul yang mereka miliki akan memiiki nilai yang jauh lebih tinggi pada masa yang akan datang apabila dijual kembali.

Nah, apa saja jenis uang kuno Indonesia yang paling dicari oleh para kolektor? Mari simak daftarnya berikut ini seperti yang dilansir dari laman Finansialku.

12 Uang Koin Kuno Paling Dicari Kolektor yang Rela Bayar Mahal:

Uang Koin Kuno Indonesia
Uang Koin Kuno Indonesia (foto: OLX)

1. Uang koin bunga melati Rp500 (1992)

Uang koin bunga melati Rp500 (1992) merupakan salah satu uang koin kuno yang diminati oleh kolektor karena keunikan dan nilai sejarahnya.

Uang koin ini dicetak oleh Bank Indonesia pada tahun 1992 sebagai salah satu dari seri uang logam rupiah yang menggambarkan bunga-bunga nasional Indonesia.

Uang koin ini berdiameter 23 mm, ketebalan 1,6 mm, dan bobot 3,5 gram. Uang koin ini dibuat dari bahan kuningan (copper-zinc alloy) yang berwarna kuning.

Di sisi muka uang koin ini ada gambar bunga melati (Jasminum sambac) yang adalah bunga nasional Indonesia. Di sisi belakang uang koin ini ada lambang negara Garuda Pancasila dan tulisan “Bank Indonesia” serta “500 Rupiah”.

Uang koin ini memiliki harga yang beragam tergantung pada kondisi fisik dan kejarangannya. Beberapa penjual di marketplace online menawarkan uang koin ini dengan harga yang sangat tinggi, bahkan sampai ratusan juta rupiah.

Namun, seorang kolektor mengatakan bahwa harga sesungguhnya dari uang koin ini tidak perlu jutaan, melainkan hanya sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per koin.

Sebelum lanjut ke halaman berikutnya untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap, klaim dulu DANA Kaget hari ini.

Pos terkait