Sembilan Santriwati Thawalib Padang Panjang Beasiswa Kuliah di UNIDA Gontor Jawa Timur

Padang Panjang | Topsumbar-  Pengurus Yayasan Thawalib Padang Panjang hari ini, Rabu (26/4/2023) secara resmi melepas keberangkatan 9 (Sembilan) orang santriwati Perguruan Thawalib berangkat ke Ngawi, Jawa Timur untuk melanjutkan kuliah di Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor.

Pelepasan kesembilan santriwati tersebut dihadiri oleh orang tua santriwati.

Pengurus Yayasan Thawalib Dr. Saiful Amin yang didampingi pengurus lain yakni H. Fauzan dan Hj Hilma Hamid mengatakan, kesembilan orang santriwati yang berangkat ke UNIDA Gontor adalah penerima beasiswa dari Yayasan Thawalib.

Bacaan Lainnya

“Tahun ini ada sembilan orang lulusan dari Thawalib Padang Panjang yang menerima beasiswa utuk melanjutkan kuliah di UNIDA Gontor,” kata Saiful Amin dalam keterangan tertulis diterima Topsumbar.co.id dari Sekretaris Yayasan Thawalib, Irwan Natsir.

Syaiful Amin menyebutkan kesembilan orang santriwati lulusan tahun 2023 tersebut berasal selain dari Sumatera Barat, juga berasal dari Sumatera Selatan, Jambi dan Batam.

“Hasil seleksi dan penilaian yang dilakukan Yayasan Thawalib, diberikan beasiswa untuk kuliah kepada sembilan orang santriwati,” sebutnya.

Ia merinci, kesembilan santriwati penerima beasiswa adalah Aisyah Nur Fadhillah asal Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan. Fadillah Hasanah asal Padang Panjang, Kayla Sukrina asal Kabupaten Agam, Liana Zefitri Marbun asal Kerinci, Jambi.

Kemudian, Hilwa Syahida asal Padang Panjang. Reva Dwi Anastasya asal Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, Wetri Pratama Dila asal Kabupaten Solok, Nayla Latifa asal Batam, dan Revi Dwi Anastasya asal Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan.

Saiful Amin juga menjelaskan, sesuai dengan kalender akademik yang telah disampaikan UNIDA Gontor, maka Sembilan santriwati diberangkatkan pada Rabu 26 April 2023 ini dari Padang Panjang menuju kampus UNIDA Gontor di Mantingan, Ngawi, Jawa Timur.

“Yayasan Thawalib melepas secara resmi keberangkatan santriwati yang melanjutkan kuliah ke UNIDA Gontor,” ujarnya.

Pada saat acara pelepasan, Saiful Amin berpesan kepada santriwati untuk bertekad melanjutkan kuliah di UNIDA sebaik mungkin sehingga bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu serta menimba berbagai pengetahuan dan pengalaman selama di UNIDA Gontor.

“Hal ini agar para santriwati mendapatkan pengetahuan yang lebih dan nantinya bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun ketika kembali ke Perguruan Thawalib setelah tamat kuliah,” imbuhnya.

“Dan kepada wali santri atau orang tua agar terus menerus memberikan dukungan dan berdoa agar putri putri mereka dapat melaksanakan perkuliahan di Ngawi, Jawa Timur dengan baik dan lancar,” sambungnya.

Program Beasiswa

Bendahara Yayasan Thawalib H Fauzan mengatakan, salah satu program Yayasan Thawalib saat ini adalah memberikan beasiswa kepada santri/santriwati lulusan Thawalib untuk kuliah.

“Program beasiswa ini bersifat ikatan dinas, yakni selama kuliah berbagai biaya perkuliahan ditanggung sepenuhnya oleh Yayasan Thawalib dan setelah selesai kuliah kembali mengabdi ke kampus Perguruan Thawalib,” ujarnya.

Langkah pemberian beasiswa tersebut, papar H. Fauzan sebagai upaya dari Yayasan Thawalib dalam pengembangan sumber daya manusia serta memperkuat lulusan Thawalib dalam bertafaqquh fiddien.

“Ini suatu program dalam pengembangan SDM yang digagas oleh Yayasan Thawalib,” katanya.

Sementara pengurus Yayasan Thawalib Hj Hilma Hamid menambahkan, keberangkatan sembilan santriwati tersebut juga bagian dari kerjasama Yayasan Thawalib dengan UNIDA Gontor yang telah ditanda-tangani Februari 2023 lalu.

“Alhamdulillah Yayasan Thawalib telah menanda-tangani Kerjasama dengan UNIDA Gontor, salah satunya adalah mengirim lulusan Thawalib untuk kuliah di UNIDA Gontor,” jelasnya.

Dikatakan Hilma Hamid, program beasiswa bagi lulusan Perguruan Thawalib akan disediakan setiap tahun.

“Yang diberangkatkan sekarang adalah penerima beasiswa pertama dari Yayasan Thawalib. Insya Allah setiap tahun Yayasan Thawalib akan menyediakan dan memberikan beasiswa untuk kuliah di UNIDA Gontor,” tutupnya.

(AL)

Pos terkait