Libur Lebaran, Dinkes Padang Panjang Siagakan Tim dan Posko Kesehatan

Padang Panjang | Topsumbar-  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang Panjang siagakan tim kesehatan dan posko kesehatan selama libur lebaran 1444 Hijriah.

Selama libur lebaran mulai 18 April hingga 1 Mei, Dinkes Padang Panjang  menyiagakan 1 RSUD, 4 Puskesmas, 1 RSI Ibnu Sina, 1 Pos Kesehatan dan 1 PSC 119 untuk layanan kesehatan bagi masyarakat Kota Padang Panjang dan sekitarnya.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinkes Padang Panjang, dr. Faizah bersama Kabid Pelayanan Kesehatan, Promosi dan SDK, Oktafihendri, S.Kep didampingi Sub Koordinator Yankes, Yulia Desmon, SKM, M.Cio, Rabu (19/4/2023) dilansir Topsumbar.co.id dari laman Kominfo Padang Panjang.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, pos kesehatan ini berada di samping Hotel Rangkayo Basa dengan petugas piket tiga shift. Per shift terdiri atas 5 tenaga kesehatan (dokter, perawat dan sopir) serta ambulance yang standby 24 jam.

Sedangkan RSUD hanya melayani kasus kegawatdaruratan yang dirujuk Puskesmas, Posko Kesehatan dan PSC 119.

Selain itu, untuk Puskesmas walaupun cuti bersama, pelayanan tetap buka dengan sistem piket dan layanan terbatas. Dengan waktu pelayanan mulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB. Sedangkan PSC 119 tetap melayani seperti hari-hari biasa yaitu 24 jam.

“SOP yang kita berlakukan sama dengan tahun sebelumnya. Jika ada kejadian seperti kecelakaan atau yang lainnya, kita upayakan penanganan di tempat terlebih dahulu. Jika tidak bisa, langsung dirujuk ke RSUD ataupun RSI Ibnu Sina,” sebutnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatan selama menikmati waktu libur bersama keluarga.

“Serta tetap berhati-hati dalam berkendara mengingat padatnya arus lalu lintas selama libur lebaran ini,” tuturnya.

Sementara itu Kabid Kesmas dan P2P, Rahmaisa, SKM mengatakan, untuk pelayanan di Puskesmas tetap seperti biasa. Masyarakat datang ke Puskesmas sesuai dengan waktu pelayanan. Namun untuk rujukan ke RSUD tidak bisa diberikan karena Poliklinik tutup selama cuti bersama.

“Masyarakat silakan datang ke Puskesmas seperti biasa. Namun jam pelayanan hanya buka pukul 08.00-11.00 WIB,” sebutnya.

Ia juga berharap masyarakat bisa menjaga kesehatan dan imunitas dengan banyak konsumsi buah dan sayur.

(AL)

Pos terkait