Berikut ini cara Menghilangkan Pusing saat Puasa

ilustrasi pusing (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Banyak orang yang berpuasa di bulan Ramadhan mengaku sering mengalami pusing saat berpuasa sepanjang hari. Ada banyak faktor yang menyebabkan sakit kepala, seperti dehidrasi, hipoglikemia, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara menghilangkan pusing saat puasa? Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan selengkapnya berikut ini:

  1. Makan Sahur

Selain sebagai sumber energi, sahur juga dapat mencegah dan meredakan sakit kepala. Bagi anda yan memiliki asam lambung, sahur merupakan hal yang wajib dilakukan. Jika menahan rasa lapar seharian tanpa melakukan sahur, maka asam lambung pun anak dan dan bisa menimbulkan sakit kepala. Jadi, manfaat sahur yang satu ini sangat penting. Terutama bagi penderita GERD yang berisiko melukai lambungnya jika melewatkan sahur.

  1. Hirup Minyak Kayu Putih

Jika anda mengalami pusing dan mual saat berpuasa, anda bisa coba menghirup aroma segar seperti aroma minyak kayu putih agar pusing dan rasa mual dan ingin muntahnya bisa reda. Cara seperti ini tentunya tidak membatalkan puasa anda.

Bacaan Lainnya
  1. Berlatih Teknik Pernapasan

Perlu diketahui bahwa teknik pernapasan yang baik dapat menyembuhkan pusing. Jadi, jika anda sering merasa pusing saat berpuasa, maka latihan pernapasan yang baik patut anda coba.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Tidur telentang, lalu letakkan bantal di bawah dengkul dan leher supaya nyaman.
  • Letakkan kedua tangan di atas perut tepat di bawang tulang rusuk dengan jari saling terkunci. Dengan begitu, anda akan bisa merasakan jari-jemari saling memisah saat mengambil napas. Dengan cara ini anda akan mengetahui bahwa praktik pernapasan sudah benar.
  • Ambil napas yang dalam dan pelan dengan perut. Bernapaslah seperti seorang bayi bernapas. Gunakan diapragma dan bukan tulang rusuk. Sebab, diapragma ini akan menciptakan sedotan udara yang lebih kuat dibanding tulang rusuk.
  1. Tidur

Pada saat mengalami pusing atau sakit kepala ketika sedang berpuasa, cobalah anda untuk beristirahat dan membaringkan tubuh. Pastikan tubuh dan kepala dalam posisi yang tepat, supaya sirkulasi darah bisa lancar. Cara ini bisa membantu meringankan pusing.

Selain itu, anda juga perlu beristirahat yang cukup pada malam hari. Pastikan waktu tidur anda cukup dan perhitungkan waktu untuk sahur.

Sebaiknya anda hindari juga mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi, kafein, nikotin, dan gawai mendekati waktu tidur. Bukan hanya itu, hindari juga aktivitas yang terlalu berat pada malam hari, supaya anda dapat tidur tepat waktu.

  1. Meredupkan Cahaya

Cahaya yang sangat terang atau berkedip, bahkan cahaya dari gawau bisa membuat sakit kepala alias migrain. Maka dari itu, jika anda merasa pusing saat sedang berpuasa pada siang hari, cobalah beristirahat di ruangan yang redup dan jauh dari cahaya terang atau yang menyilaukan.

  1. Menghilangkan Tekanan Pada Kepala

Tekanan berlebih pada kepala bisa menyebabkan anda sakit kepala. Tekanan tersebut bisa berasal dari penggunaan topi, ikatan rambut yang terlalu kencang, helm, bahkan kacamata.

Nah, untuk mengatasi pusing seperti ini cobalah anda melepaskan tekanan pada kepaka supaya sakit kepalanya berkurang.

  1. Kompres

Pusing atau sakit kepala yang disebabkan otot tegang dapat diredakan dengan mengompres menggunakan air panas. Caranya adalah taruh kompres di titik rasa sakit guna meringankan sakit kepala. Selain itu, anda juga bisa mencoba mandi menggunakan air hangat untuk mengurangi keluhan.

Anda juga bisa menggunakan kompres dingin.  Mengompres dingin di area leher atau kepala mampu mengurangi peradangan, memperlambat konduksi saraf, dan menyempitkan pembuluh darah. (*)

Pos terkait