TMMD ke 116, Kodim 0306/50 Kota Bakal Buka Jalan Dari Nagari Ampalu ke Nagari Sitanang

Padang | Topsumbar – Kodim 0306/50 Kota bersama dengan instansi terkait di Pemkab Limapuluh Kota akan membuka jalan dari Nagari Ampalu menuju ke Nagari Sitanang di Kecamatan Lareh Sago Halaban, hal tersebut diungkapkan oleh Dandim 0306-50/Kota Letkol Inf. Mochammad Denny Nurcahyono, saat kegiatan Pemaparan Dansatgas Kesiapan TMMD Ke 116 TA 2023 di Korem 032/Wirabraja, Padang, Selasa (14/3) kemarin.

Dalam kegiatan tersebut hadir Danrem 032/Wirabraja, Brigjen Rayen Obersyl, beserta jajarannya, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin dt Bandaro Rajo, Bupati Mentawai, Dandim Mentawai.

Dikatakan Dandim Letkol Inf. Mochammad Denny Nurcahyono waktu pelaksanaan kegiatan TMMD tersebut nantinya jatuh pada bulan Mei 2023, namun mengingat medan yang terjal dan berbukit akan dilaksanakan Pra TMMD pada minggu ke 3 bulan Maret 2023 sampai tanggal 1 Mei 2023.

Bacaan Lainnya

“Jadi nantinya kegiatan TMMD ini ada dua sasaran kegiatan, yaitu fisik dan non fisik, dimana pada kegiatan fisik kita akan membuka jalan sepanjang 4500 meter dari Ampalu ke Sitanang, selain itu juga dilakukan pembersihan dan pelebaran jalan sepanjang 1200 meter di Ampalu dan di Sitanang sepanjang 2500 meter, selain itu juga dilakukan pembuatan platdeker, pemasangan polongan dan renovasi rumah tidak layak huni sebanyak 3 unit,”ungkapnya.

Sementara pada kegiatan non fisik Ia mengatakan nantinya akan dilakukan kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh Kodim 0306/50 Kota dan juga oleh beberapa OPD di Pemkab Limapuluh Kota kepada masyarakat.

“Dukungan dana dalam pelaksanaan TMMD/N berasal dari dana APBD Pemkab sebanyak 1,95 miliar dan 397juta dari TNI AD,” sambungnya.

Di mengharapkan dengan kegiatan TMMD ini akan menapatkan output yakni terbukanya jalan baru untuk masyarakat sehingga dapat memangkas waktu tempuh dan dapat menjadi akses untuk proses distribusi hasil pertanian di dua nagari tersebut.

“Selain itu dari kegiatan non fisik diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dua Nagari tersebut dalam meningkatkan hidup bermasyarakat guna meningkatkan kesejahteraan hidup bersama, selain itu juga diharapkan meningkatkan jiwa nasionalisme dan bela negara masyarakat, terakhir dapat menciptakan kemanunggalan TNI bersama Rakyat,”tutupnya.

Sebelumnya, dalam sambutannya Danrem 032/Wirabraja Brigjen Rayen Obersyl mengatakan, TMMD ini merupakan program pemerintah melalui TNI AD dan juga melibatkan TNI AU, TNI AL, Polri, ormas dan masyarakat.

“Jadi kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Limapuluh Kota serta daerah lainnya di Sumatera Barat yang terus mendukung serta menyukseskan kegiatan ini,” tuturnya.

Dikatakannya, kegiatan pemaparan persiapan TMMD oleh Dandim ini merupakan bertujuan untuk mendengar secara langsung sejauh mana persiapan yang telah dilaksanakan serta kendala apa saja yang dihadapi dalam menyukseskan program tersebut.

“Jadi kami ingin tahu persiapan setiap daerah yang mendapat program TMMD ini. Saya menghimbau pemerintah daerah untuk tidak ragu dalam mengatur Satgas TMMD nantinya. Kita jadikan kegiatan ini untuk momen pendekatan diri seluruh unsur, dimana dalam 21 hari ini akan ada berbagai kegiatan positif untuk masyarakat,”sambungnya.

Di kesempatan itu, dirinya juga mengaku siap untuk membantu Pemerintah Daerah dalam membina daerah yang sulit dan susah dijangkau.

Sementara itu, Bupati Safaruddin menyambut baik kegiatan TMMD yang akan diadakan di daerahnya. Ia mengungkapkan siap mendukung penuh program tersebut nantinya.

“Kami pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan ini terus terlaksana, jika memungkinkan kami ingin kegiatan ini dapat dilaksanakan tiap tahunnya dan kami siap untuk mendukung penuh,” tutur Safaruddin.

Ia menjelaskan dana yang diserahkan oleh Pemkab Limapuluh Kota kepada TNI AD tersebut merupakan dana swakelola yang dianggarkan didinas terkait.

Dirinya berharap dengan program ini akan langsung berimbas langsung kepada masyarakat baik itu dari segi ekonomi, sosial dan lainnya, sehingga masyarakat dapat terbantu, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat tercapai.(ton)

Pos terkait