Sambut Santri Baru, Perguruan Thawalib Selesaikan Pembangunan Gedung Asrama Baru

Padang Panjang | Topsumbar- Yayasan Thawalib Padang Panjang tengah menyelesaikan pekerjaan pembangunan lanjutan gedung asrama baru Perguruan Thawalib bagian putra dengan bangunan dua lantai.

Saat ini fokus pekerjaan adalah menyelesaikan lantai atas bangunan sehingga pada tahun ajaran baru Juli 2023 mendatang telah bisa ditempati oleh santri baru.

Sampai Kamis 16 Maret 2023, sedang dilakukan pengecoran lantai atas gedung asrama baru.

Bacaan Lainnya

Pekerjaan tersebut merupakan bagian dari penyelesaian keseluruhan pembangunan gedung asrama baru yang ditargetkan bisa selesai pada akhir Juni 2023.

Hal tersebut dipaparkan Sekretaris Yayasan Thawalib Padang Panjang, Irwan Natsir melalui keterangan tertulis diterima Topsumbar.co.id, Kamis 16 Maret 2023.

Irwan Natsir menjelaskan, pekerjaan pengecoran lantai atas gedung asrama baru Thawalib Putra merupakan kelanjutan dari pekerjaan pembangunan gedung secara keseluruhan.

“Untuk pembangunan lantai satu dan lantai basemen sudah selesai dilaksanakan. Sekarang tinggal menyelesaikan pekerjaan di lantai atas,” jelasnya.

Pekerjaan lantai atas merupakan pekerjaan terakhir terhadap pembangunan gedung asrama baru Perguruan Thawalib. Untuk di lantai atas akan terdapat sebanyak 10 kamar untuk para santri baru.

“Jika 10 kamar di lantai atas selesai dikerjakan sampai akhir Juni 2023, maka insya Allah akan bisa ditempati sebanyak 160 orang santri,”ujar Irwan Natsir.

Pembangunan gedung asrama baru Perguruan Thawalib telah dilakukan tahap pertama pada November 2021 sampai Juli 2022.

Pembangunan tahap pertama menyelesaikan pekerjaan pembangunan 10 kamar, yakni 6 kamar di lantai pertama dan 2 kamar di basemen.

Pekerjaan tahap pertama ini diresmikan oleh Gubernur, Walikota Padang Panjang dan Pembina Yayasan Thawalib pada 12 Juli 2022 lalu.

Menurut Irwan Natsir, untuk menghadapi tahun ajaran baru 2023-2024, maka Yayasan Thawalib melanjutkan pekerjaan pembangunan gedung asrama tahap kedua, yakni menyelesaikan pekerjaan 4 kamar di lantai satu dan 10 kamar di lantai dua.

“Untuk 4 kamar di lantai satu alhamdulillah pada Desember 2022 lalu telah selesai dikerjakan. Sekarang tinggal menyelesaikan pekerjaan 10 kamar lagi di lantai atas,” ucap Irwan Natsir.

Layanan Pendidikan

Sementara itu, bendahara Yayasan Thawalib, Haji Fauzan menambahkan, pembangunan gedung asrama baru di kompleks Thawalib Putra merupakan bagian dari upaya memberikan layanan pendidikan kepada santri dalam sarana prasarana.

“Telah menjadi komitmen Yayasan Thawalib bahwa layanan pendidikan dalam bidang sarana prasarana ditingkatkan sehingga santri menerima layanan sarana prasarana dengan baik,” kata Fauzan.

Bangunan gedung asrama baru, kata Fauzan, salah satu sarana prasarana yang menjadi perhatian Yayasan Thawalib, sehingga dengan bangunan asrama baru, maka santri Thawalib akan tinggal di asrama dengan kamar yang representatif.

Untuk pekerjaan tahap kedua, papar Fauzan adalah menyelesaikan pekerjaan di lantai atas, sehingga pada Juli 2023 tahun ajaran baru, para santri baru Perguruan Thawalib telah bisa menempati kamar asrama baru tersebut.

“Insya allah para santri baru akan menempati kamar kamar di gedung asrama baru yang saat ini tengah dalam pekerjaan pembangunan. Kami berharap pekerjaan tersebut akan selesai akhir Juni mendatang, sehingga tahun ajaran baru bulan Juli 2023, para santri baru telah bisa menempati kamar asrama baru tersebut,” ujarnya.

Pekerjaan pembangunan gedung asrama baru di kompleks Thawalib Putra adalah bagian dari unit pendidikan Perguruan Thawalib.

Di kompleks terletak di Jalan Abd Hamid Hakim No 12 Padang Panjang terdapat unit pendidikan MTs Thawalib dan Kuliyatul Ulum El Islamiyah (KUI) setara SMA/Aliyah. Kompleks ini khusus untuk santri laki laki dengan sistem pendidikan boarding school atau sekolah berasrama.

(AL)

Pos terkait