Gempabumi 3,9 Magnitudo Dirasakan di Lubuk Basung Agam, Ini Penjelasan BMKG

Agam | Topsumbar- Gempabumi dirasakan di Kota Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, Senin (13/3/2023) siang ini.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas I Padang Panjang tidak lama setelah gempabumi terjadi, membenarkan telah terjadi gempa bumi tektonik di Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, Senin, (13/3/2023), pukul 13:53:03 WIB.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M 3,9,” kata Kepala Stasiun Metreologi kelas 1 Padang Panjang Dr. Suaidi Ahadi, ST, MT dalam keterangan tertulisnya diterima Topsumbar.co.id.

Bacaan Lainnya

Diterangkan Suaidi, Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.41 LS dan 99.56 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada 53 km Barat Daya Agam, Sumbar pada kedalaman 52 km.

Sedangkan jenis gempabumi ini merupakan jenis gempabumi menengah akibat Zona Subduksi.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat Zona Subduksi,” terangnya.

Kemudian dampak gempabumi ini, sebut Suaidi, berdasarkan laporan masyarakat gempabumi ini dirasakan di Lubuk Basung II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut dan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.

Begitupun gempabumi susulan sampai dengan pukul 14.15 WIB tercatat belum adanya aktivitas gempabumi susulan ( _aftershock_),” sebutnya.

Terakhir, Saidi mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Kemudian, agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” imbaunya.

(Alfian YN)

Pos terkait