Calon Santri Baru Perguruan  Thawalib Ikuti Tes Potensi Akademik

Padang Panjang| Topsumbar-Calon santri baru Perguruan Thawalib Padang Panjang jenjang pendidikan MTs dan KUI Putra/Putri tahun ajaran 2023-2024 mengikuti Tes Potensi Akademik Plus (TPAP) yang diadakan Yayasan Thawalib Minggu (5/2/2023).

Tes Potensi Akademik tersebut dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan calon santri Perguruan Thawalib dan pemetaan potensi minat dan bakat yang dimiliki calon santri.

Pengurus Yayasan Thawalib Irwandi, S.Ag, M.Si  mengatakan, seluruh calon santri yang mendaftarkan untuk jenjang pendidikan MTs dan KUI mengikuti Tes Potensi Akademik Plus.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah sejak pukul 10.00 sampai pukul 12.30 WIB para calon santri baru untuk tahun ajaran 2023-2024 mengikuti tes, ” ujarnya dilansir Topsumbar.co.id dari keterangan tertulis yang dibagikan Sekretaris Yayasan Thawalib Padang Panjang Irwan Natsir, Minggu (1/2/2023).

Pelaksanaan tes yang diikuti calon santri berasal dari berbagai daerah Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu dan daerah lainnya dilakukan di beberapa lokasi.

Dikatakan Irwandi, untuk calon santri MTs Putra tempat tes potensi di aula Perguruan Thawalib. Sedangkan untuk calon santri KUI Putra di gedung Balai Latihan Kerja Komunitas Thawalib dan untuk calon santri MTs dan KUI Putri di kampus Thawalib Putri.

“Untuk lokasi tes memang dipisah antara calon santri perempuan dan laki laki. Sebab kampus sekolah nantinya juga terpisah antara laki laki dan perempuan, ” jelas Irwandi.

Pelaksanaan tes dimulai pada pukul 10.00 WIB. Seluruh calon santri baru melakukan tes lebih kurang 2,5 jam.

Kata Irwandi, untuk tes tersebut Yayasan Thawalib bekerja sama dengan sebuah lembaga Fathia ‘Aliyy Psychology Consultant.

“Pelaksanaan tes potensi akademik kami menggandeng lembaga konsultan psikologi yang ahli dalam bidang tersebut, “ujarnya.

*Pertemuan Calon Wali Santri*

Selain seluruh calon santri MTs dan KUI Putra/Putri mengikuti tes potensi akademik, para calon wali santri juga diberikan penjelasan oleh pimpinan sekolah MTs dan KUI serta pengelola asrama tentang berbagai informasi mengenai Perguruan Thawalib.

Menurut Dr. Saiful Amin pengurus Yayasan Thawalib, ada pertemuan khusus calon wali santri dengan pihak sekolah dan pengelola asrama untuk mendapatkan informasi berbagai hal tentang Perguruan Thawalib.

“Para calon wali santri diberikan informasi tentang sistim pendidikan di Thawalib, aturan sekolah, kurikulum dan berbagai hal yang terkait dengan masalah pendidikan. Sehingga calon wali santri tahu dan bisa mengenal tentang Perguruan Thawalib, ” kata Saiful Amin.

Selain informasi soal pendidikan di sekolah, papar Saiful Amin, orang tua calon santri juga diberikan informasi mengenai asrama santri, kegiatan santri selama di asrama dan aturan santri tinggal di asrama.

“Karena Perguruan Thawalib adalah sekolah boarding school atau sekolah berasrama maka kepada orang tua disampaikan oleh pengelola asrama mengenai informasi lengkap tentang asrama dan tentang apa saja aturan yang harus dipatuhi santri tinggal di asrama, ” jelas Saiful Amin.

Tes potensi akademik yang dilaksanakan Minggu 5 Februari adalah tes sesi pertama bagi calon santri yang mendaftar sejak tanggal 1 Desember 2022 sampai 31 Januari 2023.

Masa pendaftaran masuk Perguruan Thawalib gelombang pertama masih dibuka sampai akhir Maret 2023 dengan sistim kouta. Jika kouta penerimaan santri baru sudah penuh maka masa pendaftaran akan ditutup.

(AL)

Pos terkait