Besok Masyarakat Padang Panjang di Jakarta Baralek Gadang

Jakarta | Topsumbar- Besok atau Minggu 26 Februari 2023, masyarakat Padang Panjang di Jakarta akan menggelar kegiatan besar atau alek gadang.

Kegiatan besar bertajuk alek ‘Rang Padang Panjang Baralek Gadang’ (Orang Padang Panjang Pesta Besar, red) itu diselenggarakan oleh Ikatan Masyarakat Padang Panjang (IMPP) Jakarta dan Sekitarnya.

Kegiatan besar itu akan dilangsungkan di Gedung Balai Prajurit Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan.

Bacaan Lainnya

Terkait kesiapan dan persiapan alek besar tersebut, menurut Ketua Panitia alek ‘Rang Padang Panjang Baralek Gadang’, Rudi Hendri, menyebut persiapan sudah mendekati final dan tinggal finishing hari ini.

“Alhamdulillah semua sesuai dengan rencana. Semua seksi dan bidang bekerja dengan baik dan hari ini kita gelar gladi resik,” kata Rudi dihubungi Topsumbar.co.id ,  Sabtu (23/2/2023).

Disebutkannya, pada penyelenggaraan alek ‘Rang Padang Panjang Baralek Gadang’ selain akan dihadiri oleh masyarakat Padang Panjang di Jakarta dan sekitarnya juga akan dihadiri masyarakat Padang Panjang dari kampung halaman.

“Kita panitia acara  mengundang Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang Panjang, Camat Padang Panjang Barat, Camat Padang Panjang Timur, Lurah 16 kelurahan se-Kota Padang Panjang, Ketua Kerapatan Adat Nagari se-Kota Padang Panjang, dan pemangku-pemangku adat.

Kemudian Bako orang Padang Panjang yang tinggal di Batipuh dan X Koto. Seperti di Panyalaian, Koto Laweh, Paninjauan, Tambangan, Gunung Rajo, Sumpu sampai ke Malalo.

“Intinya warga Padang Panjang yang di kampung halaman termasuk Batipuh- X Koto kita undang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum IMPP Jakarta dan Sekitarnya, Nasrul Naga mengajak masyarakat Padang Panjang di rantau dan di kampung halaman untuk menghadiri pengukuhan Pengurus IMPP Jakarta dan Sekitarnya Periode 2022-2027 yang acaranya dikemas dengan tajuk alek ‘Rang Padang Panjang Baralek Gadang’, bertempat di Balai Prajurit Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan.

“Mohon kehadiran masyarakat Padang Panjang di rantau dan di kampung halaman pada hari Minggu, 26 Februari 2023 di acara pengukuhan Pengurus IMPP Jakarta dan Sekitarnya Periode 2022-2027 dan silaturahmi rang Padang Panjang yang dikemas dalam kegiatan “Rang Padang Panjang Baralek Gadang,” ajak Nasrul Naga.

Pantauan Topsumbar.co.id di Whatsapp Goup IMPP, agenda alek ‘Rang Padang Panjang Baralek Gadang’ itu disambut antusias oleh masyarakat Padang Panjang yang bermukim di Jakarta dan sekitarnya termasuk dukungan dari kampung halaman Padang Panjang.

Tercatat dukungan itu datang dari Flipper’s Organization, Ikatan Keluarga Padang Panjang Batipuh X Koto (IKAPPABASKO),  Masyarakat Peduli Padang Panjang dan Sekitarnya (MP3S) Kota Padang, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) STM Karya Jabodetabek, Konco Arek, Konco Lamo, Padang Panjang Semesta (Papase), Pasar Usang (PAUS), Alumni SMAN Angkatan 76, SMA 83 Gumala, Alumni SMAN Angkatan 87, Alumni SMAN 91, Alumni SMAN Angkatan 88, Alumni SMA Sore Angkatan 92, Alumni SMP 1 Angkatan 88, dan lainnya.

Dukungan juga datang dari sejumlah perusahaan dimana pemiliknya merupakan orang Padang Panjang Batipuh X Koto, seperti PT BEKA IKA PERKASA, Bakmi DKI, Wardah Kosmetik, PT. Mitra Galperti, Toko Mas New Matahari, Toko Mas Labai Malano (Milton), RM Pondok Indah Raya Group, Pondok Marenten, dan lain-lain.

Begitupun dukungan dari beberapa nama tokoh Padang Panjang yang berkiprah di tingkat nasional, seperti dr. Suir Syam, M. Kes MMR (Anggota DPR-RI), Nurhayati Subakat (CEO Wardah Kosmetik), Corina L. Karnalies (Direktur Bisnis Konsumer Bank BNI), dan sejumlah nama lainnya.

Dan tentunya tidak ketinggalan dukungan dari internal pengurus IMPP Jakarta dan Sekitarnya, seperti Nasrul Naga (Ketua Umum IMPP Jakarta dan Sekitarnya periode 2022-2027/ Pengusaha), Mizwar Abas Dt. Sumagek (Ketua Dewan Pembina IMPP Jakarta dan Sekitarnya/Pengusaha), Dedi Demona (Anggota dewan Pembina/ CEO Bakmi DKI), Syahrizal atau Wan Karbut (eks ketua umum IMPP Jakarta dan Sekitarnya, kini anggota Dewan Pembina/Pengusaha), Eddy Yatman (eks Sekjend IMPP Jakarta dan Sekitarnya, kini anggota dewan Pembina/Pengusaha), dan banyak lagi dari nama-nama anggota Dewan Penasehat, nama-nama anggota Dewan Pembina, nama-nama perorangan dalam kepengurusan inti, serta nama-nama diluar kepengurusan.

Semua bahu membahu guna mensukseskan agenda besar ajang silaturahminya masyarakat Padang Panjang diperantauan dan dari kampung halaman tersebut.

Terpantau juga dari Whatsapp Goup IMPP, pada acara alek ‘Rang Padang Panjang Baralek Gadang’ akan disemarakkan dengan bazar kuliner yang menampilkan makanan dan minuman khas tradisional Minang.

Seperti, Gulai Cincang, Dendeng Balado, Itiak Lado Hijau, Gajeboh, Tanbunsu, Bilih, Randang Paru, Cangkuak, Kalio Jariang, Nasi Kabaka, dan lain-lain.

Kacang Padi Katan, Kopi Kawa Daun, Sate, Lamang Tapai, Bika, Katupek Gulai Paku, Karupuak Kuah, Katupek Pical, Pinukuik, Sarikayo Katan, Miso, Katupek Pitalah, Es Tebak, Cindua Durian, dan lain-lain.

Tersedia juga pameran Mukena, Baju Bordir, Selendang, Herbal, Madu, dan lain-lain.

Acara alek ‘Rang Padang Panjang Baralek Gadang’ juga diramaikan hiburan musik, oleh Band Eltanggo, Alkawi & Alfina, Yasril Adha (Violis), Burmani Koto, dll.

Kemudian permainan KIM oleh Yandri Boy.

Pada permainan KIM ini, panitia telah menyiapkan bermacam door prize hadiah dengan hadiah utama Sepeda Motor.

“Baralek Gadang IMPP, basuo bacarito lamak, makan lamak jo mambawok hadiah banyak pulo. Sabana serooo lapeh salerooo,” tulis salah seorang anggota Whatsapp Goup IMPP.

“Ndeh lamak-lamak sadonyo mah sanak, dari mulai makanan barek “cancang kambiang” sampai makanan ringan awak lanjo di sakola, pulang ngaji.. “puak kuah”..ado lo ubek padeh nyo” cindua durian ” ndak saba manunggu hari H. Ado lo hiburan sajuta umat rang minang ” main KIM”. Semoga sanak sanak IMPP sehat sehat dan kito sadonyo dalam lindungan Allah SWT. Aamiin,” tulis anggota Whatsapp Group IMPP lainnya.

Berikut Run Down Lengkap Acara Pengukuhan Pengurus IMPP Jakarta dan Sekitarnya Periode 2023-2027.

‘Rang Padang Panjang Baralek Gadang’, di Gedung Balai Prajurit Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu 26 Februari 2023

08:30 -09:00  Registrasi Undangan

09:00-09:30  Pra Pembukaan

09:30-10:30  Seremonial Pembukaan

10:30 – 10:40  Pembukaan MC

10:40-11:00  Tilawah-Doa

11:00 – 11:30  Penyambutan, Pembacaan SK, Prosesi Pelantikan Pengurus Baru

11:30 – 11:40  Pelantikan Pengurus IMPP

11:40-12:15  Pidato/ Pengarahan

12:15 – 12:30 Penutup, Acara Seremonial

12:30 – 13:00 Isomah

13:00 – 15:30 Lanjutan Panggung Seni

15:30 – 15:45 Rehat

15:45 – 17:30 Hiburan (Permainan KIM + Hadiah)

17:30 -17: 45  Penutup Alek

(Alfian YN)

Pos terkait