Bawaslu Agam Launching Jarimu Awasi Pemilu dan Posko Kawal Hak Pilih

Agam | Topsumbar- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Agam me-launching platform pengawasan pemilu dan posko pengawalan hak pilih, Selasa (14/2/2023) di Lubuk Basung.

Platform bertajuk Jarimu Awasi Pemilu dan Posko Kawal Hak Pilih ini di-launching bertepatan sosialisasi pengawasan partisipatif bertajuk satu tahun menuju pemilu 2024 sekaligus sebagai tanda komitmen wujudkan penyelenggaraan pemilu yang demokratis, damai dan berintegritas.

Ketua Bawaslu Agam, Elvys mengatakan berdasarkan survey Bawaslu RI belum lama ini, Kabupaten Agam termasuk daerah dengan indeks kerawanan pemilu tertinggi.

Bacaan Lainnya

Sehingga untuk mencegah kecurangan pemilu di daerah itu, pihaknya terus berupaya menghadirkan penyelenggaraan pemilu yang damai dan berintegritas

“Untuk itu hari ini secara serentak di seluruh Indonesia dicanangkan gerakan deklarasi kampanye damai dan launching Jarimu Awasi Pemilu dan Posko Kawal Hak Pilih,” ujar Elvys dilansir dari AMC News.

Dikatakannya lebih lanjut, Jarimu Awasi Pemilu merupakan platform digital yang dapat diakses masyarakat untuk mengetahui kegiatan pengawasan yang dilakukan Bawaslu di seluruh Indonesia.

Melalui Jarimu Awasi Pemilu masyarakat juga dapat melaporkan dugaan pelanggaraan pemilu. Pelanggaran itu diantaranya penyalanggunaan media sosial, disinformasi, kampanye hitam, ujaran kebencian dan hoax.

“Jika ditemukan pelanggaran, maka bisa langsung diadukan ke jarimu awasi pemilu. Perkembangan laporan juga dapat diketehui. Hal ini dalam rangka memudahkan pengawasan oleh masyarakat,” terangnya.

Sementara itu Posko Kawal Hak Pilih, lanjut Elvys merupakan sarana yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengawali pemuktahiran data pemilih.

“Jika ditemukan pemuktahiran data yang tidak sesuai, masyarakat dapat melaporkan ke posko kawal hak pilih yang ada di nagari, kecamatan maupun kabupaten,” pungkasnya.

(AL)

 

Pos terkait