Menghadapi Tahun Ajaran Baru, Perguruan Thawalib Bangun Gedung Sekolah

Padang Panjang | Topsumbar – Menghadapi tahun ajaran baru 2023-2024 Perguruan Thawalib Padang Panjang tengah melaksanakan pembangunan gedung sekolah di kampus Thawalib Putra yang terletak di Jalan Abd Hamid Hakim No 12, Padang Panjang.

Pekerjaan pembangunan gedung sekolah untuk santri putra tersebut diharapkan pada bulan Juli mendatang telah bisa dipergunakan untuk ruangan belajar bagi santri baru Perguruan Thawalib Padang Panjang.

Hal tersebut disampaikan bendahara Yayasan Thawalib H. Fauzan, S,Sos dalam keterangannya diterima Topsumbar.co.id, Selasa (17/1/2023) di Padang Panjang.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah saat ini tengah dalam proses pekerjaan pembangunan gedung sekolah untuk santri Thawalib Putra,”ujarnya.

Dijelaskan H Fauzan, pembangunan gedung sekolah tersebut sebagai bagian dari layanan pendidikan yang dilakukan oleh Yayasan Thawalib, yang mana animo masyarakat yang menyekolahkan putra dan putrinya ke Perguruan Thawalib cukup tinggi.

“Melihat sarana gedung sekolah di Thawalib Putra saat ini, serta untuk layanan pendidikan bagi santri baru pada tahun ajaran 2023-2024, maka Yayasan Thawalib memutuskan melaksanakan pembangunan gedung sekolah,” jelasnya.

Keputusan membangun gedung sekolah, tutur H. Fauzan setelah Yayasan Thawalib melakukan evaluasi atas ketersediaan sarana prasarana layanan pendidikan di kampus Thawalib Putra yang perlu dilakukan pembangunan gedung baru.

“Sehingga dengan langkah tersebut diharapkan bisa memberikan layanan pendidikan bagi santri Perguruan Thawalib dengan baik,” tuturnya.

Kemudian, sebut H Fauzan, gedung sekolah Thawalib Putra yang dibangun adalah bangunan dengan tiga lantai dengan kapasitas ruangan kelas sebanyak 12 ruangan kelas.

“Untuk pekerjaan pembangunan yang sedang dilakukan saat ini adalah baru pada tahap lantai pertama gedung sekolah dengan jumlah ruangan kelas sebanyak 4 ruangan,” sebutnya.

Langkah pekerjaan pembangunan gedung sekolah Thawalib Putra dengan disain bangunan tiga lantai, panjang bangunan 36 meter dan lebar bangunan 11 meter, dilakukan secara bertahap. Untuk saat ini dilakukan pekerjaan pembangunan untuk lantai satu.

“Kami berharap pekerjaan pembangunan bisa selesai dan dipergunakan santri baru pada tahun ajaran baru 2023-2024 nanti pada bulan Juli,” kata H Fauzan.

Pekerjaan pembangunan gedung sekolah yang saat ini pada tahap lantai satu, menurut H Fauzan berawal dari adanya wakaf pembangunan yang diterima oleh Yayasan Thawalib.

“Atas wakaf pembangunan gedung tersebut, maka Yayasan Thawalib memberi nama gedung tersebut adalah gedung sekolah H. Kamili dan H. Salieh Baralah Datuk Tumamad,” ujarnya.

Sementara itu, anggota pengurus Yayasan Thawalib Irwandi, S, Ag, M.Si menambahkan telah menjadi komitmen Yayasan Thawalib dalam memberikan layanan pendidikan bagi santri baik sarana pendidikan yakni ruangan belajar maupun sarana tempat tinggal asrama.

“Hal ini menjadi perhatian bagi Yayasan Thawalib agar santri yang belajar di Perguruan Thawalib menerima layanan pendidikan dengan baik,” katanya.

Selain ruangan kelas, kata Irwandi sarana tempat tinggal santri juga dipersiapkan sebaik mungkin.

“Saat ini juga tengah dilakukan penyelesaian pembangunan gedung asrama untuk santri baru,” katanya.

Terakhir diinformasikannya, untuk tahun ajaran baru 2023-2024, Perguruan Thawalib telah membuka pendaftaran calon santri baru untuk jenjang pendidikan MTs Thawalib Putra/Putri (setingkat SMP) dan jenjang pendidikan KUI Thawalib Putra/Putri (setingkat Aliyah/SMA).

“Kampus untuk santri putra terpisah dengan santri putri yang masing masing memiliki kampus pendidikan dan asrama sendiri,” tutupnya.

(AL)

Pos terkait