Survei SPI KPK, Padang Panjang Raih Indeks Tertinggi se-Sumbar

Padang Panjang | Topsumbar – Kota Padang Panjang meraih indeks Survei Penilaian Integritas (SPI) dengan nilai 78,77 yang merupakan nilai tertingi dan terbaik se- Sumatera Barat pada 2022 ini.

Rilis hasil survei yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dilaksanakan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (14/12/2022).

Melansir laman Kominfo Padang Panjang, hal itu disampaikan Inspektur, Dr. Syahril, M.H, CGCAE kepada Kominfo setelah mengikuti kegiatan peluncuran hasil SPI 2022 melalui kanal YouTube resmi KPK.

Bacaan Lainnya

“Penilai SPI oleh KPK ini telah dilakukan sejak Januari lalu. Alhamdulillah Padang Panjang meraih indeks tertinggi se-Sumatera Barat. SPI merupakan sarana pencegahan korupsi dalam penyelenggaraan tata kelola pemerintahan. Semakin tinggi indeks SPI, berarti semakin kecil rawan risiko korupsi di daerah tersebut,” jelas Syahril.

Syahril menerangkan, nilai indeks SPI yang diperoleh Padang Panjang telah melebihi indeks nasional SPI 2022 yaitu 71,94.

Ia menyebutkan, penilaian indeks SPI berdasarkan survei dari responden yang terdiri dari tiga kategori. Yaitu kategori internal yang merupakan hasil survei dari Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai penyelenggara pemeritahan. Kategori eksternal yang terdiri dari masyarakat pengguna jasa layanan pemerintah. Terakhir, kategori ekspert antara lain dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kepolisian, Kejaksaan dan semua pihak yang dianggap ahli menilai penyelenggaraan pemerintahan.

(AL)

Pos terkait