Peserta TPAT II Kunjungi Sejumlah Sekolah, Bahas Puisi di Hadapan Siswa

Padang Panjang | Topsumbar – Peserta Temu Penyair Asia Tenggara (TPAT) II-2022 mengunjungi sejumlah sekolah di Padang Panjang, Jumat (2/12/2022).

Melansir laman Kominfo Padang Panjang, di MTsN Padang Panjang, misalnya, 10 penyair Indonesia dari berbagai daerah berkunjung ke sekolah ini. Di antaranya Dellorie Ahada dari Payakumbuh, Ami Khairunnisa (Pekanbaru), Asmita Dieni (Takengon, Aceh), Ansar Salihin (Banda Aceh), Sarifudin Aliza (Meulaboh, Aceh), Yori Kayama (Pesisir Selatan), Ahmah Dzaki (Pematang Siantar), Putu Fajar Arcana (Bali), Kalvin Wiliam (Depok), dan Risa Curia (Bengkulu).

Beberapa kegiatan dalam kunjungan mereka ini, di antaranya pembacaan puisi, sharing kesusastraan, tanya jawab dan berbagai agenda lainnya.

Bacaan Lainnya

Kepala MTsN, Firnawati Anwar, M.Pd menyebutkan kunjungan ini merupakan kunjungan kedua tim TPAT ke sekolah ini.

“Sebelumnya pada TPAT I-2018, sekolah kita juga mendapat kunjungan dari beberapa penyair,” tuturnya.

Pihaknya berharap kunjugan penyair ini dapat sebagai ajang menimba ilmu bagi siswa dalam bidang sastra.

“Ada beberapa anak yang memang hobinya puisi. Mudah-mudahan kesempatan ini bermanfaat bagi anak-anak untuk menambah ilmu mereka. Manfaatkan kesempatan ini untuk menggali ilmu, apalagi bagi yang mau menjadi seorang seniman,” harapnya.

Salah seorang penyair, Sarifudin Aliza menyampaikan, Padang Panjang sebagai gudangnya sastrawan, punya potensi besar melahirkan banyak sastrawan dimasa yang akan datang.

Diungkapkannya, puisi itu merupakan aspek bunyi yang berbentuk imajinatif, emosional dan intelektual penyair yang dituangkan dalam bentuk tulisan.

“Dia tidak terikat baik waktu, ruang dan pekerjaan. Di sini pernah ada Buya Hamka, Taufik Ismail, A.A Navis. Mudah-mudahan ke depan semakin banyak sastrawan dari Padang Panjang. Sebagai Kota Literasi, masyarakat dapat ambil bagian untuk itu,” ungkapnya.

Sementara itu di SMPN 5, tujuh penyair disambut meriah dengan Tari Galombang yang ditampilkan siswa, didampingi kepala sekolah serta guru di sekolah tersebut.

Di sekolah ini, penyair membacakan puisi, memberikan materi kesusastraan serta memotivasi siswa dalam menulis puisi. Penyair berkesempatan juga berdialog dalam program talkshow yang ditayangkan secara live di kanal YouTube Spenfive.tv.

Selain di dua sekolah tersebut, penyair dan peninjau

yang terlibat dalam rangkaian event TPAT II-2022 ini juga disebar ke beberapa sekolah lainnya. Di antaranya SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 6, Thawalib Gunung, MTsN Kauman Muhammadiyah serta SMP Hikmah.

(AL)

Pos terkait