Dua Truk Kecelakaan Tunggal di Jalan Lintas Lembah Anai, Nihil Korban Jiwa

Padang Panjang | Topsumbar – Dua kendaraan jenis truk mengalami kecelakaan tunggal di dua lokasi terpisah dan waktu berbeda di jalan lintas Lembah Anai (wilayah hukum polres Padang Panjang, red), Minggu (4/12/2022).

Dilaporkan dari dua kecelakaan lalu lintas tunggal tersebut tidak ada korban jiwa.

Kasat Lantas Polres Padang Panjang, Iptu. Aldy Lazzuardy, S. T. K. S. I. K mengatakan kecelakaan tunggal pertama terjadi Minggu pagi sekira pukul 10.00 WIB di jalan Sutan Syahrir Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

Bacaan Lainnya

“Pada kecelakaan tunggal pertama ini, sebuah kendaraan dump truck merk Hino dengan nomor pol BM 9550 LN masuk ke jurang yang berada di pinggir jalur sebelah kiri jalan dilihat dari arah Padang menuju arah Padang Panjang,” kata Iptu Aldy dalam pesan tertulis yang dibagikan Paur PIDM Humas polres Padang Panjang, Bripka Ciputra juga diterima Topsumbar.co.id.

Ia menuturkan, kondisi jalan tempat kejadian kecelakaan beraspal baik, cukup lebar, persimpangan dan lurus.

“Cuaca hujan pagi hari, pandangan tidak terhalang dan jalan dilengkapi marka jalan tidak terputus,” tutur Aldy.

Adapun uraian singkat kejadian, kendaraan Dump Truck No.Pol BM 9550 LN bermuatan sawit dengan berat 6 ton 460 kg yang di kemudikan Agus (30) dengan penumpang a. n Indra sebelum kejadian datang dari arah Padang menuju arah Padang Panjang.

Sampai di tempat kejadian diduga mesin kendaraan Dump Truck No.Pol BM 9550 LN mati disaat tanjakan, sehingga kendaraan mundur dan masuk ke jurang yang berada di pinggir jalur sebelah kiri jalan dilihat dari arah Padang menuju arah Padang Panjang.

Akibat dari kejadian tersebut kendaraan yang terlibat kecelakaan dan material pembatas jalan mengalami kerusakan.

“Pada kecelakaan tunggal pertama ini nihil korban luka ringan, luka berat dan korban meninggal dunia. Kecuali kerugian materil ditaksir 1.000.000 (satu juta rupiah),” terang Aldy.

Selanjutnya kecelakaan tunggal kedua terjadi pukul 16:30 WIB di tanjakan Silaing di Jl. Raya Padang – Bukittinggi, Pendakian Singgalang kering, Nagari. Singgalang, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar (Juga wilayah hukum polres Padang Panjang, red).

“Pada kecelakaan tunggal kedua ini melibatkan kendaraan Concrete Mixer Jenis Hino (molen) No.Pol BA 8460 AU,” ujar Aldy.

Dijelaskannya, kendaraan Concrete Mixer Jenis Hino (molen) No.Pol BA 8460 AU bermuatan Semen dengan berat lebih kurang 16 Ton yang dikemudikan oleh a.n Kardinal dengan penumpang a.n Ragel sebelum kejadian datang dari arah Padang menuju arah Padang Panjang.

Sampai di tanjakan Silaing Kering mesin kendaraan Concrete Mixer Jenis Hino (molen) No.Pol BA 8460 AU yang di kemudikan Kardinal mati mesin (tidak berfungsi), sehingga kendaraan mundur dan terjatuh di sebelah kiri jalan jika dilihat dari arah Padang menuju Padang Panjang.

“Akibat dari kejadian tersebut kendaraan yang terlibat kecelakaan mengalami kerusakan. Sedangkan korban jiwa nihil,” jelas Aldy.

(AL)

Pos terkait