Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sumsel Satu-satunya Masih Membidangi Publikasi

Palembang | Topsumbar – Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sumatera Selatan hingga saat ini masih membidangi publikasi pada saat semua biro di sekretariat daerah provinsi di Indonesia menjadi biro administrasi pimpinan.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sumatera Selatan Rika Efianti, S.E, M.M saat menerima rombongan studi banding wartawan dan Diskominfo kota Padang Panjang, di gubernuran Sumsel, Rabu (7/12/2022

“Mungkin kami ini satu-satunya kehumasan yang masih membidangi terkait publikasi yang ada di Indonesia, karena mungkin semua biro di sekretariat ini menjadi biro administrasi pimpinan,” ungkap Rika.

Bacaan Lainnya

Tetapi dengan arahan pimpinan, kata Rika, yaitu gubernur, beliau berkeinginan tetap bahwa kehumasan itu terkait dengan pimpinan tetap harus melekat.

“Jadi, kemaren kita sudah ke Mendagri untuk menyampaikan nomenklatur. Mungkin InsyaAllah sebentar lagi disetujui dengan nama Biro Administrasi Protokol dan Humas Pimpinan,” ujar Rika.

Rika kemudian menjelaskan gambaran umum, Biro Humas dan Protokol. Disebutkannya Biro Humas dan Protokol tidak bisa lepas dari kinerjanya Diskominfo, antara lain berkolaborasi terkait pemberitaan.

Saya bedakan disini terkait fungsi dan tugas kehumasan di Biro Humas dan Protokol dengan fungsi dari Diskominfo provinsi Sumatera Selatan.

Kalau dilingkup Sekretariat daerah khususnya di Biro Humas dan Protokol itu peran humas adalah menjalankan fungsinya sebagai mediator antara pemerintah dengan masyarakat, menjalin hubungan dengan media massa terkait dengan kebijakan program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh pimpinan.

Seperti kita ketahui bahwa gubernur dan wakil gubernur adalah pejabat publik atau politik. Jadi, mereka mempunyai passion tertentu. Bagaimana mereka bisa diketahui masyarakat umum terkait pelaksanaan kegiatan mereka secara rutin dan itu adalah tugas kami.

Sedangkan di Kominfo mereka menyampaikan informasi dan membantu mensosialisasikan program kerja.

“Jadi program kerja pemerintah provinsi, itu tugasnya Kominfo,” tukas Rika yang turut didampingi Kepala Bagian Humas, Septriandi Setia Permana, S.STP, M.Si, Kabag Administrasi dan Dokumentasi, Toni Kurniawan, S.E, M.M, Kepala Bidang kominfo Provinsi Sumsel, Imansyah, S.E, M.M, Kasubag Hubungan Media dan Kerja Sama, Ega Puza Satria, S.H dan Kasubag Audio Visual dan Pemberitaan, Herman, S.E.

Selain itu, dalam kaitan hubungan kerjasama media, Rika mengungkapkan saat ini Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sumsel bekerjasama dengan 213 media massa. Terdiri 71 media cetak, 115 online, 10 TV, dan 17 Radio.

“Kita juga menjalin kemitraan dengan flatform media sosial lainnya dan dengan admin media sosial yang tergabung dalam Forum Media Sosial (FOMS),” pungkas Rika.

Sementara itu, Kadis Kominfo Padang Panjang Ampera Salim mengatakan
Kehumasan pemprov Sumsel sangat luar biasa.

“Kami melihat media online Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel pada Bagian Kehumasannya sangat luar biasa. Media elektronik banyak diisi Pemprov Sumsel. Jadi kami ingin belajar bagaimana hal tersebut bisa kami lakukan juga di Kota Padang Panjang bersama insan pers kami,” ujar Kadis Ampera.

(Alfian YN)

Pos terkait