Wako Fadly Amran Puji Ruang Pelayanan Terpadu Rutan Padang Panjang

Padang Panjang | TopSumbar – Walikota Padang Panjang, Fadly Amran memuji ruang pelayanan terpadu rumah tahanan negara (Rutan) kelas IIB Padang Panjang, atau disingkat Rupajang.

Pujian itu disampaikan Walikota Fadly Amran usai menyerahterimakan bantuan hibah bagi Rupajang yang diterima kepala Rupajang, Rudi Kristiawan, Selasa, (8/11/3022) di Rupajang setempat.

“Terima kasih sudah menjadikan bantuan hibah APBD kota Padang Panjang ini bermanfaat,” ucap Wako Fadly.

Bacaan Lainnya

Wako Fadly juga menyampaikan apresiasinya kepada kepala Rupajang dengan hibah minim tetapi hasil renovasi bangunannya
luar biasa menjadi bagus

“Semoga hibah ini dapat meningkatkan pelayanan terbaik Rupajang kepada masyarakat,” tutur Wako Fadly usai melihat langsung ruang pelayanan terpadu Rupajang.

*Inspirasi Rudi Kristiawan*

Sementara itu, guna mengetahui bagaimana ikhwal berdirinya ruang pelayanan terpadu Rupajang.

Kepada Topsumbar.co.id kepala Rupajang, Rudi Kristiawan menjelaskan jika inspirasi mendirikan ruang pelayanan terpadu Rupajang berasal dari inspirasinya sendiri.

“Melihat kondisi luas bangunan dan area depan Rupajang yang sempit, saya berpikir bagaimana memaksimalkan lahan sempit ini tetap produktif,” ujar Rudi.

“Saya pikir-pikir sambil searching apakah ada referensi. Akhirnya saya menemukan referensi ini, terus saya beritahu anggota saya, konsepnya seperti ini, bangunannya seperti ini, dan hasilnya seperti ini,” sambungnya.

Kemudian, sebut Rudi, saat pengerjaan kegiatan renovasi ini, ia memantau dan mengarahkan setiap hari.

“Akhirnya, Alhamdulillah jadilah seperti yang ada ini. Tempat ini sudah jadi lebih besar dari yang dulu, luas, bersih dan nyaman.
Kita beri nama ruang pelayanan terpadu Rupajang,” sebutnya.

Terpenting dari ruang pelayanan terpadu Rupajang ini, imbuh Rudi adalah seluruh pelayanan Rupajang terhadap masyarakat luas jadi terintegrasi dalam satu ruangan.

Diterangkan Rudi, di ruang pelayanan terpadu Rupajang ini ada 4 (empat) jenis pelayanan utama.

Pertama, pojok medis yang menyediakan sarana pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat umum, penyediaan masker gratis, dan vitamin gratis

Kedua, pelayanan pendaftaran kunjungan bagi masyarakat atau keluarga warga binaan pemasyarakatan (WBP) dan atau bagi siapa yang hendak mengunjungi WBP yang ada didalam.

Ketiga, pelayanan integrasi pembebasan bersyarat, cuti bersyarat, asimilasi, dan cuti masa bersyarat. Bisa kita layani disini dari pagi sampai siang.

Keempat, pelayanan komunikasi masyarakat (Yankomas) dan pengaduan.
Ini juga kita tuangkan disini.

“Jadi ada empat pelayanan utama kita jadikan satu di ruang pelayanan terpadu Rupajang ini,”terangnya.

Selain itu, beber Rudi ada lagi tambahan pelayanan, namanya pos luar. Pos ini untuk petugas berjaga diluar, bagian pemeriksaan dan pengawasan orang keluar masuk dan memantau keamanan ketertiban setiap harinya.

“Ini bentuk deteksi dini kita untuk menciptakan Rupajang aman, tertib, terkendali, dan bebas dari HP, pungli, narkoba dan pelanggaran lainnya,” bebernya.

Selanjutnya, jelas Rudi diruang pelayanan terpadu Rupajang juga tersedia pojok baca, ruang main anak, ruangan salat, dan self service (Sistem database pemasyarakatan) memuat data pengunjung dan data WBP serta coffee corner.

“Hal ini tentunya kita ciptakan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka mendukung pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan Wilayah Birokrasi dan Bersih Melayani (WBBM),” jelasnya.

Rudi juga mengungkapkan pembangunan ruang pelayanan terpadu Rupajang bersumber dari dana hibah APBD kota Padang Panjang.

“Awal tahun 2022 kita ajukan, Alhamdulillah cair sebesar 75 juta rupiah yang keseluruhannya kita gunakan untuk merenovasi bangunan yang kini kita beri nama ruang pelayanan terpadu Rupajang,” ungkapnya.

Terakhir disampaikan Rudi, peresmian ruang pelayanan terpadu Rupajang akan diresmikan oleh kakanwil kemenkumham Sumbar dan Wakil Walikota Padang Panjang pada Rabu, (9/12/2022).

“Momen peresmian ini berbarengan dengan pisah sambut saya sebagai Kepala Rupajang yang lama kepada Kepala Rupajang yang baru,” pungkas Rudi yang mendapat promosi sebagai kepala Rutan kelas IIB Situbondo, Jawa Timur.

(Alfian YN)

Pos terkait