Giat Ketua TP-PKK Padang Panjang, Dokter Dian Berbagi Pengetahuan dengan Lansia

Padang Panjang | Topsumbar – Ketua TP-PKK Kota, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP berbagi pengetahuan dengan para lansia pada kegiatan Posyandu Lansia Zu’ama, di halaman Rumah Amai Jembatan Besi, Kelurahan Pasar Usang, Rabu (9/11/2022).

Dilansir dari laman Kominfo Padang Panjang, kepada para lansia ini, Dokter Dian memaparkan mengenai Penyakit Jantung Koroner (PJK). Mulai dari gejalanya, pencegahan, sampai kepada penanganannya.

“Ada beberapa gejala penyakit jantung koroner ini. Di antaranya nyeri dada dan menjalar hingga ke lengan kiri, leher bahkan menembus ke punggung. Nyeri khas PJK biasanya akan timbul apabila sedang beraktivitas dan akan berkurang jika beristirahat. Lalu kesulitan bernafas, timbul keringat dingin dan rasa mual,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Dian juga berpesan kepada para lansia Posyandu Lansia Zu’ama untuk terus menerapkan pola hidup sehat dengan memakan makanan bergizi, asupan buah dan sayur yang cukup dan rutin melakukan cek kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Faizah yang juga hadir pada kesempatan tersebut, mengimbau para lansia untuk rutin mengikuti posyandu ini.

“Mari manfaatkan posyandu yang ada setiap bulan ini. Di sini bapak dan ibu bisa memeriksa kesehatan secara gratis. Dan, banyak materi juga yang akan didapatkan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Pada kesempaan tersebut Dokter Dian dan rombongan, juga memberikan bingkisan berupa buah segar kepada para lansia yang hadir pada posyandu tersebut.

Ikut hadir Camat Padang Panjang Barat, Fiori Agustian, SIP, Lurah Pasar Usang, Erosen Adera, ST serta ketua TP-PKK Kelurahan dan kader.

(AL)

Pos terkait