Sekda Agam: Kurikulum Merdeka Tuntut Kompetensi dan Keprofesionalan Guru

Agam | TopSumbar – Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Edi Busti mengatakan, pendidikan kunci kesuksesan dalam membangun bangsa ke depan.

“Maka saya mengatakan guru itu adalah rahimnya suatu bangsa, serta penggerak menuju Indonesia Maju,” ujarnya saat jadi pembina upacara di SMKN 1 Tanjung Raya, Senin (3/1/2022) dilansir Topsumbar.co.id dari AMC.

Untuk itu katanya, sebagai tenaga pendidik atau edukatif harus punya kompetensi dalam hadapi dunia global, serta mampu menggunakan teknologi yang berkembang saat ini.

Bacaan Lainnya

Apalagi pemerintah telah mengeluarkan kebijakan terkait Kurikulum Merdeka. Sehingga guru dituntut untuk miliki kompetensi dalam mengimplementasikannya.

“Kesuksesan kurikulum ini tergantung bagaimana kompetensi dan keprofesionalan guru,” sebutnya.

Berkaitan kurikulum ini terangnya, proses belajar mengajar tidak hanya tergantung pada siswa, tapi juga dituntut kecerdasan dan keprofesionalan guru dalam mendidik.

“Mendidik tidak ada batas waktunya, beda dengan mengajar yang dilakukan sesuai jam pelajaran,” kata sekda.

Maka perlu dibangun core value antara siswa dengan guru, karena ke depan proses belajar mengajar akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Maka kita mengajak para guru untuk meningkatkan kompetensinya, serta melahirkan inovasi baru dalam mewujudkan Indonesia Maju ke depan,” ajaknya.

(AL)

Pos terkait