Kolaborasi UIN Mahmud Yunus Batusangkar dengan Geopark Ranah Minang Silokek

Sijunjung | Topsumbar – Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus – Batusangkar memperingati Hari Pariwisata Internasional Tahun 2022 dengan kegiatan Kajian Ilmiah Jurusan dengan tema Potensi Edukasi Pariwisata Berbasis Geopark di Batusangkar pada Selasa (27/9).

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa Jurusan Pariwisata Syariah UIN Mahmud Yunus-Batusangkar ini menghadirkan pembicara Kepala Sekretariat Badan Pengelola (BP) Geopark Ranah Minang Silokek Ridwan, S.Hut.

Materi yang disampaikan dalam memperingati Hari Pariwisata Internasional ini adalah tentang konsep pengelolaan destinasi wisata dengan mengedepankan nilai-nilai konservasi, edukasi dan peningkatan ekonomi masyarakat dengan tujuan bumi terjaga masyarakat sejahtera.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut Fitra Kusuma Putra, M.Kom selaku Ketua Jurusan Pariwisata Syariah UIN Mahmud Yunus-Batusangkar mengatakan bahwa program kajian ilmiah jurusan tersebut merupakan program berkelanjutan dengan menghadirkan para praktisi pariwisata sebagai narasumber dengan harapan mahasiswa dapat lebih mengenal tentang kepariwisataan yang ada di lapangan sehingga bisa bermanfaat dalam mempersiapkan kegiatan praktek lapang maupun penyusunan tugas akhir.

UIN Mahmud Yunus-Batusangkar yang baru-baru ini meluncurkan logonya “Kampus Sains Islam, Refleksi Surau Minangkabau” sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN).

Saat ini tercatat ada 3 UIN di “Ranah Minang”, UIN Imam Bonjol di Padang, UIN Syech Jamil Jambek di Bukittinggi, serta UIN Mahmud Yunus di Batusangkar.

Kehadiran pelaku pariwisata sekaligus Kepala Sekretariat BP Geopark Ranah Minang Silokek semakin memperkokoh eksistensi geopark kebanggaan bersama ini dalam rangka menuju UNESCO Global Geopark (UGGp).

Teranyar, juga telah dilakukan Focus Group Discussion (FGD) di ITB yang dihadiri langsung oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si pada 14 September 2022 lalu. (Gun/rilis).

Pos terkait