Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Sijunjung · 27 Sep 2022 21:33 WIB ·

Kolaborasi UIN Mahmud Yunus Batusangkar dengan Geopark Ranah Minang Silokek


 Kolaborasi UIN Mahmud Yunus Batusangkar dengan Geopark Ranah Minang Silokek Perbesar

Sijunjung | Topsumbar – Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus – Batusangkar memperingati Hari Pariwisata Internasional Tahun 2022 dengan kegiatan Kajian Ilmiah Jurusan dengan tema Potensi Edukasi Pariwisata Berbasis Geopark di Batusangkar pada Selasa (27/9).

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa Jurusan Pariwisata Syariah UIN Mahmud Yunus-Batusangkar ini menghadirkan pembicara Kepala Sekretariat Badan Pengelola (BP) Geopark Ranah Minang Silokek Ridwan, S.Hut.

Materi yang disampaikan dalam memperingati Hari Pariwisata Internasional ini adalah tentang konsep pengelolaan destinasi wisata dengan mengedepankan nilai-nilai konservasi, edukasi dan peningkatan ekonomi masyarakat dengan tujuan bumi terjaga masyarakat sejahtera.

Pada kesempatan tersebut Fitra Kusuma Putra, M.Kom selaku Ketua Jurusan Pariwisata Syariah UIN Mahmud Yunus-Batusangkar mengatakan bahwa program kajian ilmiah jurusan tersebut merupakan program berkelanjutan dengan menghadirkan para praktisi pariwisata sebagai narasumber dengan harapan mahasiswa dapat lebih mengenal tentang kepariwisataan yang ada di lapangan sehingga bisa bermanfaat dalam mempersiapkan kegiatan praktek lapang maupun penyusunan tugas akhir.

UIN Mahmud Yunus-Batusangkar yang baru-baru ini meluncurkan logonya “Kampus Sains Islam, Refleksi Surau Minangkabau” sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN).

Saat ini tercatat ada 3 UIN di “Ranah Minang”, UIN Imam Bonjol di Padang, UIN Syech Jamil Jambek di Bukittinggi, serta UIN Mahmud Yunus di Batusangkar.

Kehadiran pelaku pariwisata sekaligus Kepala Sekretariat BP Geopark Ranah Minang Silokek semakin memperkokoh eksistensi geopark kebanggaan bersama ini dalam rangka menuju UNESCO Global Geopark (UGGp).

Teranyar, juga telah dilakukan Focus Group Discussion (FGD) di ITB yang dihadiri langsung oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si pada 14 September 2022 lalu. (Gun/rilis).

Hits: 8

Artikel ini telah dibaca 43 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Sejumlah Harga Pangan Terpantau Stabil

27 November 2022 - 10:28 WIB

Bupati Sijunjung: “Koperasi Jadi Solusi Dari Ancaman Pinjol Ilegal”

26 November 2022 - 17:29 WIB

Target 100% Pembangunan Jaringan FO di Pusat Kecamatan se-Kabupaten Sijunjung Tercapai

26 November 2022 - 17:27 WIB

Geopark Silokek Juara 2 API 2022

26 November 2022 - 12:17 WIB

Suasana Haru Warnai Prosesi Pelantikan Pramuka Penegak Bantara dan Tamu Ambalan Pramuka SMKN 4 Sijunjung

25 November 2022 - 17:04 WIB

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir Tinjau Jembatan Rusak di Solok Ambah

25 November 2022 - 09:52 WIB

Trending di Sijunjung