Pemkab Sijunjung Usulkan Buya Syafii Maarif Calon Pahlawan Nasional

Sijunjung | Topsumbar – Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt melakukan kunjungan ke Kementerian Sosial RI dalam rangka konsultasi pengajuan Pahlawan Nasional Buya Syafii Maarif di Jakarta pada Selasa (2/8).

Setelah wafatnya Tokoh Nasional asal Kabupaten Sijunjung Prof. Dr. Ahmad Syafii Maarif, MA banyak usulan yang disampaikan oleh masyarakat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung agar beliau diusulkan untuk menjadi Pahlawan Nasional.

Keinginan dan usulan masyarakat tersebut disambut baik oleh Pemda Sijunjung, hal ini terlihat dari keseriusan Pemda utk menindaklanjuti segera dengan berkonsultasi ke Direktorat Jenderal Potensi Sumberdaya Sosial Kementerian Sosial RI yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt didampingi Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak H. Yofritas, ST bersama staff.

Bacaan Lainnya

Buya Prof. Dr. Ahmad Syafii Maarif adalah Salah satu tokoh nasional yang telah berpulang ke Rahmatullah pada Jumat, 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di Rumah Sakit Pusat Kebangkitan Umat (RS PKU) Muhammadiyah Gamping, Sleman, Yogyakarta dan Presiden Joko Widodo serta tokoh nasional lainnya juga turut hadir menjenguk di Mesjid Keraton Yogyakarta.

Tokoh yang dijuluki Guru Bangsa ini lahir di Sumpur Kudus, Sumatera Barat, 31 Mei 1935, meninggal dalam usia 87 tahun.

Lebih lanjut Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt mengatakan bahwa beliau layak diusulkan sebagai Pahlawan Nasional karena semasa hìdupnya ‘Muadzin Bangsa” ini banyak menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa serta Negara Kesatuan Republik Indonesia antara lain,
Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP),
Ketua Umum PP Muhammadiyah, serta
pendiri Maarif Institute,
President World Conference on Religion for Peace (WCRP).

Untuk langkah selanjutnya Pemda Kabupaten Sijunjung akan membentuk Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) yang bersifat independen yang terdiri dari berbagai unsur seperti akademisi, praktisi, sejarawan dan unsur terkait lainnya untuk mengumpulkan data, meneliti, mengkaji dan menyusun usulan calon Pahlawan Nasional tersebut.

Mudah-mudahan keinginan dan usulan masyarat ini bersama dengan Pemda Sinjnjung dan Pemprov Sumbar akan dapat terwujud.

Lebih lanjut Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt mengharapkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, lembaga dan organisasi yg ada untuk dapat memberikan supporting terurama utk tahap awal ini mengumpulkan seluruh data-data tentang Prof. Dr. Ahmad Syafii Maarif, MA.

Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Sijunjung sehari setelah pemakaman Prof. Dr. Ahmad Syafii Maarif, MA juga hadir langsung dirumah duka guna menyampaikan ucapan belasungkawa kepada keluarga serta berziarah ke makam almarhum di Pemakaman Husnul Khatimah, Kulonprogo, Yogyakarta.

Saat ini juga tengah dalam tahap penyelesaian pembangunan Gedung Dakwah Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif (GDM-ASM) Kabupaten Sijunjung yang berjarak 100 mater dari kediaman mantan Bupati Sijunjung Drs. H. Yuswir Arifin, MM sebagai salahsatu bentuk penghargaan terhadap ketokohan almarhum.

(Gun/Kominfo)

Pos terkait