Lima Tokoh Perempuan Minangkabau yang menjadi Pahlawan Nasional

Inspirasi | TopSumbar – Gelar pahlawan menjadi sebuah penghargaan yang disematkan untuk setiap tokoh yang mengimbuhkan andil besar untuk Indonesia. Gelar itu terhitung sekaligus menjadi isyarat jasa atas tindakan berani mereka yang tidak segan mengorbankan nyawa. Tak cuma laki-laki saja yang menjadi pahlawan, Indonesia terhitung punyai sederet pahlawan wanita hebat.

Kali ini Ini kami akan membicarakan perihal pahlawan nasional Indonesia yang berasal berasal dari provinsi Sumatera Barat. Banyak yang tidak mengenal tokoh perempuan asal Sumatera Barat. Padahal, mereka punyai banyak peran hebat di dalam perjuangan Indonesia. Siapa saja mereka?

Selama ini, kami cuma mengenal tokoh perempuan, layaknya Raden Ajeng Kartini dan Cut Nyak Dien. Padahal, tersedia terhitung tokoh perempuan berasal dari Sumatera Barat yang punyai sepak terjang yang mumpuni.

Bacaan Lainnya

Berikut lima deretan pahlawan perempuan Indonesia asal Sumatera Barat;

1. Rasuna Said
Salah satu pahlawan nasional perempuan berasal dari Sumatera Barat yang terhitung seorang orator handal adalah Rasuna Said. Wanita yang lahir di Agam, 14 September 1910 ini dikenal sebagai pejuang kemerdekaan.

Pemilik nama lengkap Hajjah Rangkayo Rasuna Said ini di dalam perjuangannya tidak cuma fokus terhadap hak-hak wanita. Tetapi ia terhitung memperjuangkan perihal pendidikan dan terhitung politik.

2. Siti Manggopoh
Siti Manggopoh merupakan tokoh pahlawan wanita Sumatera Barat. Sebagai pejuang, ia tampil memimpin perjuangan melawan tentara Belanda di dalam perang Belasting (Pajak Uang).

Dikisahkan, Siti Manggopoh menjadi keliru seorang wanita yang ditakuti Belanda. Sebab, pasukan di bawah pimpinannya dapat menewaskan 53 tentara Belanda.

3. Rohana Kudus
Tokoh-tokoh wanita yang berperan di Sumatera Barat yang lain adalah Rohana Kudus. Wanita ini merupakan seorang guru dan pendiri sekolah tertentu perempuan.

Ia dikenal sebagai multitalenta sebab terhitung dapat berperan sebagai seorang penulis, wirausaha, dan terhitung pemimpin redaksi di beraneka surat kabar perempuan. Rohana Kudus pun pintar menggunakan tiga bahasa, bahasa Arab, latin, dan Arab Melayu.

4. Inyiak Upiak Palatiang
Inyiak Upiak Palatiang merupakan tokoh wanita yang berasal berasal dari Sumatera Barat. Wanita ini terhitung dikenal sebagai pendekar sebab menguasai aliran silat gunung yang sementara ini berkembang di Minangkabau.

Selain itu, Inyiak Upiak Palatiang terhitung pecinta seni. Ia banyak menciptakan pantun-pantun pertunjukan randai, dan terhitung syari dendang.

5. Rahma El Yunusiyah
Tokoh perempuan yang berasal berasal dari Sumatera Barat paling akhir adalah Rahma El Yunusiah. Wanita ini dikenal sebagai tokoh ulama perempuan yang dapat mendirikan Perguruan Diniyah Putri Padang Panjang.

Bahkan, tokoh perempuan ini terhitung menjadi wanita pertama yang beroleh gelar syaikhah berasal dari Universitas Al-Azhar Mesir. Penghargaan berikut didapatkan sebagai apresiasi program pembangunan pendidikan perempuan di Universitas Al-Azhar.

(HT)

Pos terkait