HUT Kota Padang ke-353: Memperkokoh Sinergi dalam Pembangunan, Bangkit dalam Keunggulan

Tepat 7 Agustus 2022 sementara ini, Kota Padang udah memasuki usianya yang ke-353. Usia itu pun terbilang sangat matang bagi sebuah daerah. Tak seperti biasanya, pada momentum peringatan sekaligus perayaan Hari Jadi bagi Ibukota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tersebut, kali ini digelar bersama dengan nuansa yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Hal itu karena th. ini HUT Kota Padang bertepatan bersama dengan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-15 yang digelar di Kota Padang sepanjang 7-10 Agustus.

Bacaan Lainnya

Terlebih, kota yang berpenduduk hampir 1 Juta jiwa itu pun sementara ini dinilai udah mampu terlihat selangkah dari corona virus disease (Covid-19) yang lebih dari dua th. mewabah.

“Alhamdulillah, atas nama pribadi dan Pemerintah Kota (Pemko) Padang saya mengucapkan selamat merayakan Hari Jadi Kota Padang ke-353 bagi seluruh warga Kota Padang di mana saja berada. Semoga Kota Padang ke depan makin lebih baik ulang dan meraih berkah dari Allah SWT,” imbuh Wali Kota Padang Hendri Septa di dalam penyampaiannya pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Padang terkait Peringatan Hari Jadi Kota Padang ke-353 di area Sidang Utama kantor DPRD setempat, Minggu (7/8/2022).

Dalam Rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani bersama dengan diikuti para Wakil Ketua dan Anggota DPRD setempat itu, ada langsung Gubernur Sumbar H. Mahyeldi.

Adapun tema yang diangkatkan pada Hari Jadi Kota Padang ke-353 berikut adalah “Memperkokoh Sinergi di dalam Pembangunan dan Bangkit di dalam Keunggulan”.

Turut ada Anggota DPRD Sumbar Maigus Nasir, Bupati/Wali Kota se-Sumbar, unsur Forkopimda, serta sejumlah mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang.

Selain itu juga terlihat Sekda Kota Padang Andree Algamar beserta para Asisten, Kepala OPD, Camat dan Lurah serta seluruh pimpinan ormas dan stakeholder terkait di Kota Padang. Juga terlihat Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Putrinda bersama dengan Ketua DWP Kota Padang Vanny Andree Algamar.

Selanjutnya Wako Hendri Septa juga tak lupa mengemukakan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada seluruh pihak dan seluruh masyarakat Kota Padang yang udah turut bersama menunjang kemajuan pembangunan di Kota Padang.

“Alhamdulillah, hari ini pas udah 353 th. umur Kota Padang. Semua kemajuan dan beragam prestasi pembangunan udah berhasil diraih Kota Padang hingga sementara ini. Dan itu seluruh adalah berkat sinergi dan perlindungan yang luar biasa dari seluruh unsur/pemangku kepentingan, lebih-lebih seluruh warga Kota Padang,” ungkap orang nomer satu di Kota Padang tersebut.

Wako Padang itu juga menceritakan, terkait peringatan hari lahirnya Kota Padang yakni sejatinya merupakan sebuah momentum peranan mengenang ulang peristiwa heroik yang berlangsung pada 7 Agustus 1669 silan.

“Ini menjadi peristiwa untuk mengenang histori peristiwa heroik yang membawa ingatan kita ulang ke 353 th. yang lalu. Di mana sementara itu pasukan Berbangso Rajo dari Pauh dan Koto Tangah bersama dengan perlindungan penuh dari masyarakatnya laksanakan penyerangan ke loji atau benteng Belanda yang sebabkan jatuhnya korban dari kedua belah pihak. Peristiwa bersejarah inilah yang kemudian ditetapkan sebagai hari lahirnya Kota Padang melalui persetujuan DPRD Kota Padang tanggal 31 Juli 1985 dan Keputusan Wali Kota Padang 1 Agustus 1986,” jelasnya mengakhiri.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani turut mengapresiasi atas pencapaian dan kemajuan pembangunan yang tersedia di Kota Padang juga kesuksesan Pemko Padang di dalam mencapai sejumlah prestasi sepanjang setahun terakhir.

Terutama sekali kesuksesan mencapai 8 (delapan) kali berturut-turut penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Sumbar di dalam urusan pengelolaan laporan keuangan daerah.

“Kita patut apresiasi pencapaian yang luar biasa tersebut. Ini udah menunjukkan pengelolaan keuangan yang dilakukan Pemko Padang di bawah kepemimpinan Wali Kota Hendri Septa berlangsung bersama dengan baik dan sesuai aturan. Begitu juga di bidang lainnya,” katanya.

Selain itu Syafrial juga menyongsong baik beragam pembangunan yang dilakukan seperti pengembangan/revitalisasi Pasar Raya Padang, Pantai Padang, Pantai Air Manis dan sejumlah objek wisata lainnya yang menjadi ikon pariwisata di Kota Padang.

“Kita di DPRD pasti meminta peristiwa peringatan HUT ini tidak menjadi kegiatan teratur tahunan saja. Namun hendaknya sama-sama menjadi ajang evaluasi untuk peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kota Padang ke depan. Alhamdulillah Kota Padang sementara ini menjadi tuan tempat tinggal Rakernas APEKSI ke-15 yang diikuti Wali Kota se-Indonesia. Kita meminta bakal banyak memberikan pengaruh positif bagi warga dan kota yang kita cintai ini,” harapnya. (*)

Pos terkait