Gubernur Sumbar Serahkan Bendera Untuk Dikibarkan di Dasar Laut Kawasan Mandeh

Sumatera Barat | Topsumbar – Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, Senin (15/8/2022) sore, memimpin upacara penyerahan Bendera Merah Putih kepada Komandan Lantamal II Padang Laksamana Pertama Endra Sulistiyono, di halaman Istana Kompleks Gubernuran Sumbar.

Bendera tersebut dapat dikibarkan tepat pada tanggal 17 Agustus nanti di basic laut di kawasan Mandeh, oleh prajurit Lantamal II Padang, tepatnya di wilayah Dinaceker Beach dan Batu Kajang Indah, Nagari Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Dalam pidato singkatnya, gubernur menyampaikan apresiasi pengibaran bendera di basic laut yang secara serentak dilaksanakan di 77 titik di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Menurut gubernur, kegiatan tersebut dapat menumbuhkan rasa kebanggaan pada tanah air, nasionalisme, dan sekaligus mensukseskan program Kampung Bahari Nusantara di Sungai Pinang sebagai kawasan binaan Lantamal II Padang.

“Merah Putih berarti kesucian nilai-nilai kepahlawanan dan patriotisme. Dengan dikibarkannya Merah Putih di basic laut di kawasan Mandeh sebagai anggota berasal dari peringatan HUT RI 17 Agustus 2022, secara serempak di semua Indonesia, dikehendaki dapat meningkatkan stimulus integrasi nasional, mengumpulkan tiap tiap unsur masyarakat yang terlalu beragam,” ucap gubernur.

Selain itu, gubernur juga menyampaikan pertolongan atas program Kampung Bahari Nusantara yang dilaksanakan Lantamal II di Nagari Sungai Pinang, supaya juga mampu dilaksanakan di kawasan pesisir lainnya di Sumbar.

Sebelumnya, didalam ramah tamah bersama dengan gubernur, Danlantamal II Padang Laksamana Pertama Endra Sulistiyono, mengatakan, pengibaran bendera di basic laut pada tanggal 17 Agustus nanti dilaksanakan serentak pada 77 titik penyelaman di Indonesia.

“Titik penyelaman kita di Mandeh juga titik ke 50 berasal dari 77 titik penyelaman,” kata Danlantamal.

Selain penyelaman, didalam rangka peringatan HUT RI, Danlantamal II Padang juga sudah lakukan penanaman 4.000 batang mangrove di pantai pada kawasan Sungai Pinang.

Penanaman mangrove tersebut juga dilaksanakan serentak di 77 wilayah jajaran TNI AL di semua Indonesia, bersama dengan tujuan untuk mencegah erosi dan abrasi pantai, melindungi kestabilan garis pantai sampai meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir lewat wisata mangrove.

Turut datang didalam upacara simpel penyerahan bendera tersebut, Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, Danlanud Sutan Syahrir Kolonel Pnb Fahlefie, Danrem 032 Wirabraja dan Kejati Sumbar.(HT)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait